Featured Video

Minggu, 07 Oktober 2012

Kuasai Suzuka, Vettel Dekati Alonso



Getty Images/Ker Robertson
Suzuka - Kemenangan Sebastian Vettel di GP Jepang plus out-nya Fernando Alonso di awal balapan membuat persaingan di klasemen pebalap kian seru. Vettel kini cuma selisih empat poin dari Alonso di puncak klasemen dengan balapan tersisa lima seri lagi.

Dalam seri ke-15 yang dihelat di sirkuit Suzuka, Minggu (7/10) siang WIB, Vettel menjadi pebalap pertama yang finis setelah melewati 53 lap. Ia unggul 20 detik lebih dari Felipe Massa yang ada di posisi kedua.

Kamui Kobayashi dan Jenson Button berebut podium ketiga di lap terakhir dan akhirnya Kobayashi-lah yang memenangi duel itu. Melengkapi posisi lima besar adalah Lewis Hamilton.

Dengan kemenangan ketiganya musim ini -- kedua beruntun setelah dua pekan lalu di Singapura --, Vettel kini mengoleksi 190 poin, cuma selisih empat dengan Alonso (194 poin) di puncak klasemen pebalap. Persaingan Alonso dan Vettel pun akan kian sengit di lima seri tersisa dengan GP Korea digelar pekan depan.

Jalannya balapan

Balapan dimulai! Vettel yang berada di pole position langsung melesat di depan. Bencana mendatangi Alonso yang melintir di tikungan usai start dan akhirnya tak bisa melanjutkan balapan karena masalah pada mesinnya.

Tak hanya Alonso, insiden yang terjadi di start membuat Nico Rosberg out. Lalu mobil Romain Grosjean menabrak mobil Mark Webber yang membuat pebalap Red Bull Racing itu sempat melintir tapi bisa tetap melanjutkan balapan.

Dari tayangan ulang terlihat mobil Kimi Raikkonen menyenggol mobil Alonso sehingga Alonso terpelintir.

Jenson Button yang start di posisi ke-8 langsung melesat ke posisi ketiga. Di depannya ada Kamui Kobayashim, lalu Felipe Massa, Kimi Raikkonen, Sergio Perez, Lewis Hamilton, Nico Hulkenberg, Pastor Maldonado dan Daniel Ricciardo di posisi ke-4 hingga ke-10.

Di lap ketujuh steward akhirnya menjatuhkan penalti 10 detik kepada Grosjean akibat menabrak Webber di lap pertama tadi.

Hingga 23 lap berlalu, Vettel semakin tak terbendung di posisi terdepan dengan unggul 10 detik dari Massa di posisi kedua. Mengikuti keduanya adalah Kobayashi, Button, Raikkonen, Hamilton, Hulkenberg, Maldonado dan Webber.

Di lap ke-38 Vettel masih ada di depan dengan selisih 18 detik dari Massa di posisi kedua. Kobayashi, Button, Hamilton, Raikkonen, Hulkenberg, Maldonado, Webber dan Ricciardo menguntit di posisi 3 hingga 10.

Tak ada insiden lagi hingga akhirnya Vettel tak terhadang untuk menyentuh finis pertama kalinya setelah menyelesaikan 53 lap. Massa di posisi kedua dan disusul Kobayashi yang memenangi duel dengan Button di lap terakhir untuk posisi ketiga.

Klasemen Pebalap
1. Fernando Alonso - Ferrari - 194
2. Sebastian Vettel - Red Bull - 190
3. Kimi Raikkonen - Lotus - 157
4. Lewis Hamilton - McLaren - 152
5. Mark Webber - Red Bull - 134

Klasemen Konstruktor
1. RedBull Renault - 324
2. McLaren Mercedes - 283
3. Ferrari - 263
4. Lotus Renault - 239
5. Mercedes - 136

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar