Featured Video

Sabtu, 09 Maret 2013

Albert Park, Pembuktian Awal Janji Alonso



AFP/Josep Lago
Maranello - Musim lalu usaha keras Fernando Alonso akhirnya cuma berbuah runner-up, di bawah Sebastian Vettel. Musim baru F1 bergulir pekan depan dan Alonso menegaskan dirinya akan tampil lebih baik dari musim lalu. Bisa tepati janjimu, Alo?

Sebelum musim memasuki jeda Alonso berada di puncak klasemen dengan tiga kemenangan dan naik podium tiga kali. Keberhasilan Alonso ada di puncak klasemen jadi sebuah kejutan mengingat Ferrari secara performa masih kalah dibanding Red Bull atau McLaren.

Namun, setelah musim kembali bergulir performa Alonso dan Ferrari boleh dibilang menurun. Meski tak pernah finis di luar podium namun Alonso dua kali retired dan tak pernah memenangi lagi balapan. Bandingkan dengan Vettel yang akhirnya jadi juara dunia ketiga kalinya beruntun usai mencetak empat kemenangan.

Pada akhirnya Alonso dengan 278 poin harus puas berada di posisi kedua dengan selisih hanya tiga angka dari Vettel di akhir musim. Padahal di seri terakhir di GP Brasil, mobil Vettel sempat tergelincir keluar dan terancam tak bisa mengikuti lomba.

Meski gagal menjadi juara banyak pengamat menilai Alonso sebenarnya adalah "juara sejati" musim itu karena Ferrari jarang bermasalah dengan mesin dan pebalap Spanyol itu selalu mampu memberikan perlawanan kepada rivalnya, meski F2012 tidak secepat RB8.

Di musim yang baru ini Alonso kembali dijagokan jadi juara bersama Vettel dan sejauh ini persiapan Ferrari di tes pra musim memperlihatkan potensi mereka untuk bersaing dengan Red Bull. Hal ini pula yang ditegaskan Alonso jika ia merasa performanya musim ini akan lebih baik dibanding musim lalu.

"Musim lalu adalah tahun terbaik dalam karierku dan aku sangat senang dengan performaku, tapi aku pikir musim ini akan lebih baik," sahut Alonso di IBN Live.

"Kami punya titik awal yang lebih baik dan aku sudah belajar dari beberapa kesalahan musim lalu. Keyakinan, kepercayaan diri dan motivasi kami saat ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya dan lebih bijak. Kami secara perlahan mempelajari semua ini."

"Aku sudah mempersiapkan segalanya dengan baik. Aku lebih baik dibanding musim lalu."

Ucapan Alonso boleh jadi akan langsung dibuktikan di seri pembuka di sirkuit Albert Park 17 Maret mendatang. Namun di Melbourne, Ferrari terakhir kali menang adalah di tahun 2007 (Kimi Raikkonen) sementara Alonso baru sekali menang di sirkuit sepanjang 5,303 km itu di tahun 2006.

Bisakah Alonso menghadang laju Vettel di seri pertama itu atau Jenson Button yang merajai GP Australia dengan tiga kemenangan di enam musim terakhir? Kemenangan tentu akan jadi awal yang baik bagi Alonso untuk menepati ucapannya di atas tadi.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar