Featured Video

Kamis, 30 Mei 2013

Harga Cabai Merah Tembus Rp 53 Ribu

Harga Cabai Merah Tembus Rp 53 Ribu
KOMPAS/PRIYOMBODO
Cabai merah yang harganya mencapai Rp 30.000 per kilogram ditawarkan kepada pengunjung pusat perbelanjaan eceran di kawasan Tangerang, Banten, Kamis (28/3/2013). Dibutuhkan aksi kongkrit yang melibatkan semua pemangku kepentingan untuk menata pasar hortikultura dalam negeri mengingat besarnya potensi pasar dan tidak cukup hanya dengan pengaturan impor komoditas hortikultura seperti buah, sayur, dan komoditas biofarmaka. 
 Menjelang bulan puasa yang akan jatuh pada bulan depan, beberapa harga kebutuhan seperti cabai diBinjai mengalami peningkatan yang cukup tajam. Bila harga sebelumnya Rp 30 ribu/kg, kini harganya menembus angka Rp 50 – 53 ribu perkilonya.
Dengan tingginya harga cabai semakin mempersulit  para pedagang karena  tingkat pembelian konsumen terhadap cabe merah tentunya menjadi berkurang karena tinggi nya harga.
“Sudah dua minggu ini harga cabai turun naik, cuma ini kenaikkannya cukup tinggi mencapai Rp 53 ribu, dan kalau yang Rp 50 ribu, biasnaya cabai merah yang tidak segar,”  ucap Sembiring pedagang cabai merah di PasarTafiv  Binjai, Kamis (30/5/2013)
Sebelumnya, harga cabai merah berkisar Rp 35 ribu, selang tiga hari kemudian harga cabai naik menjadi Rp 45 ribu/kg dan puncaknya hari ini harga cabai menjadi Rp 50-53 ribu. Kenaikan harga cabai merah ini disebabkan pasokan cabai merah  dari Aceh berkurang , sehingga menyebabkan harganya pun melonjak.
“kalau biasanya kan, kami peroleh cabai dari Aceh, tapi sudah hampir dua minggu ini pasokamnya kurang dan cabai yang kami jual ini dari Berastagi, makanya harganya mahal,” ucapnya
Senada juga di sampaikan pedagang lainnya, namun dirinya mengatakan  tidak mengetahui kenapa pasokkan cabai dari aceh berkurang. “Ini cuma pasokkan dari Aceh berkurang, namun kurasa harga cabai juga tidak menutup kemungkinan naik lagi, karena puasa pun tinggal sebentar lagi,” jelasnya.
Namun kenaikkan harga cabai tidak diikuti kenakkan harga bahan pokok lainnya, untuk daging sapi harganya Rp 70 ribu/kg, harga bawang merah mencapai Rp 15 ribu /kg, bawang putih Rp 13 ribu/kg-nya.
Kenaikkan harga cabai ini pun dikeluhkan para pembeli, biasnaya belanja cabai per-kilo, kebanyakkan pembelipun membeli cabai setengah kilo. “tinggi kali harga cabai pun, cuman setengah kg saja yang ku beli, biasnaya Rp 25 ribu sudah dapat /kgnya,” ucap Dewi sata berbelanja di pasar tavif
Senada juga diucapkan Novi, ia pun meminta kepada pihak terkait untuk bertanggung jawab dengan kenaikkan harga cabai tersebut.
“Gini lah, kalau sudah mau puasa naik semuanya, kemarin bawang sekarang cabai, nanti seminggu lagi puasa, semuanya pasti akan naik,” ucapnya.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar