Featured Video

Jumat, 07 Juni 2013

Keindahan Indonesia Tak Sekadar "Matahari Terbenam"

Foto berjudul "Fajar di Tamblingan" karya Tirta Winata, salah satu pemenang lomba foto "Explore the Beauty of Indonesia" diselenggarakan oleh Burufly.com. | Tirta Winata
Keindahan Indonesia tidak hanya sekadar laut. Tetapi juga kekayaan budaya, masyarakat, dan banyak aspek lainnya. 

Keindahan ala Indonesia ini tercermin dari lomba foto "Explore the Beauty of Indonesia" diselenggarakan oleh Burufly.com dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hanya saja, pehobi foto masih berfokus seputar matahari terbenam saja.

"Kami menerima foto, kebanyakan adalah foto sunset (matahari terbenam). Indonesia punya banyak obyek yang bagus selain sunset dan sunrise (matahari terbit)," kata Indra Leonardi selaku juri saat pengumuman pemenang lomba foto "Explore the Beauty of Indonesia", di Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Ia menuturkan ada banyak hal yang bisa digali oleh fotografi untuk mengungkapkan keindahan Indonesia, mulai dari tradisi, arsitektur, hingga detail-detail lainnya.

"Dari 100 foto yang kita terima, 40 foto di antaranya adalah foto sunset. Kalau ikut kompetisi foto seperti ini lagi, coba gali lebih banyak," ungkap Indra.

Apalagi, lanjutnya, kepemilikan kamera foto di Indonesia cukup tinggi. Menurutnya, orang Indonesia senang membeli kamera.

"Perbandingannya kalau di luar antara kepemilikan kamera saku dan SLR adalah dua banding satu. Tapi di Indonesia, satu banding satu," katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur Burufly.com Peter Goldsworthy, sebelumnya mengakui dari data pengguna Burufly.com, foto-foto dan destinasi yang disukai pengguna adalah seputar laut dan pantai.

"Sebesar 23 persen menyukai laut, 13 persen pantai, 19 persen senang bangunan, 18 persen flora dan fauna, 13 persen gunung, dan 12 persen seputar rekreasi. Tapi kalau pantai dan laut digabung ini porsi terbesar," katanya kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Burufly.com sendiri adalah media sosial khusus travel pertama di Indonesia dengan konten yang didapatkan dari para penggunanya. Situs ini dikembangkan untuk memajukan pariwisata Indonesia.

Hal ini, lanjut Peter, menunjukan bahwa pelancong Indonesia lebih menyukai dan memilih destinasi seputar pantai dan laut. Pengguna terbesar Burufly.com berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, dan Riau.

Foto-foto yang masuk dalam lomba foto "Explore the Beauty of Indonesia" diseleksi oleh Indra Leonardi hingga seratus foto. Foto-foto ini bisa Anda lihat dalam pameran yang berlangsung di eX Atrium City Hall Level 1, Jakarta, mulai 5 Juni sampai 30 Juni 2013.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar