Featured Video

Senin, 03 Juni 2013

Pertunjukan Budaya dan Pesta Kembang Api Buka Tour de Singkarak

detikSport/Doni Wahyudi
Bukitinggi - Upacara pembukaan Tour de Singkarak 2013 berlangsung meriah. Atraksi kebudayaan dan pesta kembang api menandai dimulainya event balap sepeda terbesar di Indonesia itu.

Bertempat di obyek wisata Jam Gadang, Bukitinggi, Sabtu (1/6/2013) malam WIB, upacara pembukaan Tour de Singkarak diisi oleh pentas kesenian Sumatera Barat serta penampilan beberapa artis lokal. Sejumlah pertunjukan lain pun dipertontonkan, termasuk pesta kembang api yang disambut meriah oleh penonton yang datang.

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Ketua Umum ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Edmound J.T Simorangkir, Walikota Bukit Tinggi Ismet Amzis, serta sejumlah walikota kabupaten di Sumatera Barat.

Dimulai sekitar pukul 19.30 WIB, upacara pembukaan tersebut disaksikan langsung oleh ribuan penduduk Bukittinggi dan warga kota sekitar.

"Indonesia jangan cuma bisa jadi tuan rumah dan ikut berpartisipasi saja. Tapi juga bisa jadi juara untuk jadi kebanggan nasional," ujar ketua umum ISSI Edmound J.T Simorangkir, dalam sambutan singkatnya.

Tour de Singkarak akan digelar mulai 2 - 9 Juni. Terbagi dalam tujuh etape, Tour de Singkarak menyuguhkan rute menantang buat seluruh pesertanya dengan dominasi jalan berkelok yang berpadu dengan turunan dan tanjakan yang nyaris tak terputus.

Total ada 220 pebalap sepeda yang akan berpartisipasi dalam Tour de Singkarak tahun ini, mereka datang dari 18 negara yakni Australia, Brunei, Kanada, Taipei, Indonesia, Iran, Irlandia, Jepang, Khazakstan, Malaysia, Mongolia, Belanda, Filipina, Singapura, Spanyol, Thailand, Amerika dan Uzbekistan. Dengan ada tujuh etape digelar, total jarak tempuh Tour de Singkarak tahun ini adalah 1.173 km.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar