Featured Video

Kamis, 25 Agustus 2011

Di Indy Tahun Lalu, Rossi Sampai Crash Tiga Kali




daylife
Kris Fathoni W - detiksportIndianapolis - Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, atau biasa disebut Indy, sudah tiga musim menggelar balapan MotoGP. Namun, sejumlah insiden sudah lahir di sana.

Indy mulai menggelar balapan MotoGP sejak 2008 lalu, dengan melahirkan tiga pembalap berbeda setiap musimnya: Valentino Rossi (2008), Jorge Lorenzo (2009) dan Dani Pedrosa (2010).

Selain lahirnya suka cita tatkala merayakan kemenangan, Indy juga memunculkan sejumlah peristiwa. Berikut kejadian di Indy yang pernah melibatkan lima pembalap teratas di klasemen saat ini, seperti dikutip Eurosport.

1. Casey Stoner

- Stoner finis di posisi empat di Indianapolis pada 2008 setelah memulai dari posisi dua.

- MotoGP Indianapolis 2009 adalah satu dari tiga seri balapan yang tidak bisa dilakoni Stoner karena cedera.

- Tahun lalu Stoner start di posisi enam, menyamai hasil kualifikasi terburuknya tahun itu.

- Stoner menjalani start buruk di Indy tahun lalu dan ia mengakhiri lap pertama di posisi sembilan, lalu crash di lap tujuh setelah sempat naik ke posisi enam.


2. Jorge Lorenzo

- Dari tiga seri di Indy sejauh ini, Lorenzo selalu mampu hadir di podium.

- Finis ketiga Lorenzo di 2008 adalah podium pertama untuknya dalam sebah balapan basah untuk kelas balapan Grand Prix.

- Pada tahun 2009, Lorenzo menang dengan selisih sembilan detik lebih setelah mulai memimpin balapan sedari lap sembilan.

- Tahun lalu Lorenzo start dari posisi dua dan memulai balapan dengan buruk sehingga mengakhiri lap pertama di posisi lima. Ia akhirnya bisa finis di posisi tiga.


3. Andrea Dovizioso

- Pada 2009 Dovizioso finis di posisi empat, tertinggal setengah detik dari pembalap yang naik podium, setelah hanya menuntaskan kualifikasi di posisi delapan.

- Tahun lalu Dovizioso finis di posisi lima setelah melakukan start bagus dan mengakhiri lap pertama di posisi dua, sebelum akhirnya tercecer perlahan-lahan.


4. Valentino Rossi

- Kemenangan Rossi di Indy pada 2008 membuatnya mencatat kemenangan ke-69 di kelas primer, satu kemenangan lebih banyak dari Giacomo Agostini yang sebelumnya memegang rekor dalam hal ini untuk 32 tahun.

- Di 2009, Rossi crash di tikungan kedua pada lap 10, setelah kehilangan posisi terdepan dari Jorge Lorenzo di lap sebelumnya.

- Tahun lalu Rossi crash tiga kali di Indy--di FP2, di sesi kualifikasi dan pemanasan Minggu pagi.

- Rossi finis di posisi empat di Indy tahun lalu, setelah start dari posisi tujuh.


5. Dani Pedrosa

- Pedrosa finis di posisi delapan di Indy 2008 dalam balapan pertamanya menggunakan ban Bridgestone, setelah sebelum itu menggunakan Michelin.

- Pada tahun 2009 Pedrosa meraih pole dan memimpin dalam balapan sampai akhirnya crash di lap 4. Ia memulai balapan lagi dari baris belakang dan akhirnya finis di posisi 10.

- Tahun lalu ia start di posisi lima tapi memenangi balapan setelah mengambil alih posisi terdepan di lap 7.

BERITA TERBARU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar