Featured Video

Selasa, 20 September 2011

Dalam Tiga Tahun Rio Targetkan Berlaga di F1



rioharyanto.com
Jakarta - Saat ini Rio Haryanto terus membuka jalan untuk bisa berlaga di balapan paling bergengsi F1. Dengan harapan tampil di GP2 musim depan, pembalap belia itu menargetkan masuk F1 dalam tiga tahun.Irwan Nugroho - detiksport
"Mungkin tiga tahun lagi. Saya ingin dua tahun di GP2 untuk bisa lebih matang," sahut Rio kepada wartawan usai menyambangi Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, Jl Merdeka Selatan.

Di tahun 2011 ini Rio Haryanto berlaga di GP3. Dua kali naik podium pada seri pamungkas di Monza membuat pembalap berusia 19 tahun itu duduk di posisi tujuh klasemen akhir.

Untuk musim depan, Rio berharap dirinya bisa naik level ke GP2. Untuk tahun pertamanya nanti Rio mengaku hanya menargetkan belajar karena persaingan yang berat di balapan tersebut. Dan setelah dua tahun dia berharap akan datang kesempatan untuk bisa berlaga di F1.

"Di tahun pertama kalau saya naik ke GP2 tahun depan target saya untuk bisa belajar sebanyak mungkin karena persaingannya akan lebih ketat di G 2 banyak pembalap yang experience dan hampir setiap tahun pembalap masuk ke F1 dari GP2. "

"Jadi saya menargetkan untuk di GP2 selama 2 tahun untuk mematangkan. Dan karena mobilnya, speed-nya hampir mirip dengan F1 jadi bener2 harus mateng sebelum ke F1," ujarnya.

GP2 Series selama ini dianggap sebagai pembuka jalan buat pembalap untuk tampil di F1. Beberapa driver F1 jebolan GP2 di antaranya adalah Nico Rosberg (juara tahun 2005), Lewis Hamilton (2006), Timo Glock (2007), Nico Hulkenberg (2009) dan Pastor Maldonado (2010).

"Ya, Insya Allah," lanjut dia.

"Ya, tentunya pembalap Eropa mereka tinggal di sana, mereka lahir di sana. Mereka mengenal sirkuit lebih paham lagi. Mereka tahu cuaca, mereka tahu persaingan." 

"Kalau saya, saya tinggal di Asia. Saya harus pergi ke sana untuk belajar sebanyak mungkin dari segi orangnya, people dari tim, cuacanya, kultur yang sangat berbeda jadi harus belajar step by step, sehingga bisa sukses di Eropa." 

"Talenta dan juga pengalaman yang penting. Jadi di eropa persaingan sangat tinggi. Jadi tidak hanya skill tapiharus punya pengalaman yang banyak," tuntas Rio saat disinggung soal persaingan dengan pembalap Eropa.




BERITA TERBARU


( din / roz ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar