Featured Video

Senin, 12 September 2011

Pembukaan Pekan Budaya Meriah-Payakumbuh


PAYAKUMBUH, HALUAN—Pembukaan Pekan Budaya Sumatera Barat 2011 berlangsung meriah. Staf ahli Kementerian Budaya dan Pariwisata, Yunus yang mewakili Menbudpar Jero Wacik, memukul tambur tanda dimulainya pesta rakyat yang akan berlangsung hingga sepekan ke depan itu.

Pembukaan Pekan Budaya yang dihadiri staf  menteri, Wakil Gubernur Muslim Kasim, istri Gubernur Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno dan sejumlah kepala daerah dari kabupaten/kota se-Sumbar itu menarik minat masyarakat untuk datang menonton.
Pentas utama yang terletak di gerbang GOR Kubu Gadang menjadi pusat keramaian. Ribuan orang tumpah untuk menyaksikan atraksi seni, pawai budaya masing-masing daerah peserta.
Acara pembukaan didahului dengan pawai bendi yang dinaiki oleh pejabat pemerintahan dengan rute berkeliling ke sebagian wilayah Kota Payakumbuh. Pawai bendi kontan menarik perhatian masyarakat yang telah berjubel sepanjang jalan.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar, Burhasman, selaku Ketua Panitia Pekan Budaya 2011 dalam laporannya mengatakan bahwa Pekan Budaya tahun ini mengangkat tema ‘Menggali Potensi, Mengangkat Tradisi Dalam Pewarisan Nilai-nilai Budaya Daerah’. Pekan Budaya yang sejak reformasi ini kembali digulir ke kabupaten/kota di Sumbar. Bur­hasman juga menyebutkan dalam Pekan Budaya 2011 ini, panitia menggelar 17 agenda atau iven. Agenda-agenda tersebut melibatkan 2.471 pendukung yang mewakili daerah masing-masing.
Sementara itu, Walikota Payakum­buh Josrizal Zain, selaku tuan rumah mengatakan bahwa Pekan Budaya punya arti penting bagi perkembangan seni dan budaya sebuah daerah. Payakumbuh sebagai tuan rumah mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Sumbar yang telah menunjuk Kota Payakumbuh sebagai tuan rumah.
“Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami, kota Payakumbuh, untuk menjadi tuan rumah iven yang sangat besar ini. Kami sangat berharap semua kontingen, masyarakat pengunjung dapat berpartisipasi dengan baik,” ujar Josrizal Zain.
Wakil Gubernur Sumbar  Muslim Kasim mengatakan bahwa Pekan Budaya Sumbar adalah salah satu agenda rutin yang diharapkan menjadi titik tolak dalam menjaga nilai-nilai seni dan budaya leluhur.
“Pekan Budaya Sumbar adalah sumber inspirasi bagi kita bersama sebagai wahana pembinaan dan pengembangan kebudayaan daerah. Kita masyarakat Sumbar yang seba­gian besar tercakup dalam kebudayaan Minangkabau harus mampu mengem­bangkan kebudayaan dengan mandiri untuk menghindari penjajahan budaya yang tak baik,” ujar Muslim Kasim
Staf ahli  Menteri Budaya dan Pariwisata, Yunus saat menyampaikan amanat Menbudpar Jerowacik menga­takan, Pekan Budaya Sumbar adalah salah satu usaha Pemprov Sumatera Barat untuk upaya meng­aktualisasikan dan mewariskan nilai-nilai budaya daerah kota/kabupaten di Sumbar.
Puncaknya, Staf Mendbudpar, Yunus didampingi Wagub Muslim Kasim dan Walikota Josrizal Zain beserta sejumlah kepala daerah menabuh gendang tambur dengan semangat dan mendapat sambutan meriah dari ribuah masyarakat yang menyaksikan acara tersebut. (h/il)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar