Featured Video

Minggu, 22 April 2012

Persaingan motor sport tenaga listrik makin seru

Brammo Empulse (Official Brammo Photograph)


Brammo Motorcycles, perusahaan di Oregon, Amerika Serikat, meramaikan pasar sepeda motor sport tenaga listrik dengan memperkenalkan Brammo Empulse and Brammo Empluse R  2012.


Brammo memperkenalkan sepeda motor listrik yang menggunakan gigi percepatan, berbeda dengan selama ini motor tenaga listrik hanya mengenal gas dan rem.

Dua sepeda motor sport itu akan diperkenalkan di Los Angeles pada 8 Mei. Brammo menggunakan transmisi 6 kecepatan dengan teknologi IET dari Italia. Brammo Empulse R memiliki daya maksimum 40kilowatt, dilengkapi radiator untuk mendinginkan motor AC dan baterai 10,2 kilowatt-jam. Waktu pengisian baterai 3,5 jam.

Torsinya 46,5 pound-foot, setara dengan sepeda motor konvensional 500cc. Jarak tempuhnya 56 mil di jalan tol dengan kecepatan konstan 70mph sedangkan di dalam kota bisa mencapai 121 mil.

Brammo belum mengumumkan kecepatan maksimum Empulse R kecuali menyebutkan kendaraan itu bisa dipacu melebihi 100mil/jam.

Sebelumnya pada 2011 Brammo listrik meluncurkan Enertia (8.000 dolar AS)  yang masih berbau skuter. 

Perusahaan lainnya yang menggeluti motor listrik adalah Zero yang bahkan mengeluarkan seri street, dirt bike, dan dual sport. Powertrain yang jadi andalan mereka adalah Z-Force.

Salah satu produk mereka, Zero S tipe ZF6,  punya jarak tempuh 76 mil untuk dalam kota dan 43 mil di tol. Transmisinya otomatis satu percepatan, dengan waktu pengisian standard hingga 6 jam, kapasitas maksimum baterai 6kWh.
(A038) 
Editor: Aditia Maruli



Tidak ada komentar:

Posting Komentar