Featured Video

Minggu, 22 April 2012

FIFA Umumkan Investigasi Indonesia Vs Bahrain Mei

Pelatih timnas Indonesia Wilhelmus Gerardus Rijsbergen mengekspresikan kekecewaannya setelah kalah melawan Bahrain di Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (6/9). Indonesia di taklukan oleh Bahrain dengan skor 0-2. TEMPO/Aditia Noviansyah


Penanggung jawab Tim Nasional Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Bernhard Limbong mengatakan hasil investigasi Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terhadap pertandingan Indonesia melawan Bahrain kemungkinan akan diumumkan pertengahan Mei mendatang. 

"Kami berharap ini cepat selesai, tapi mereka (tim investigasi FIFA) juga harus menginvestigasi para pemain Bahrain dan pihak Iran sebelum mengambil keputusan. Pertengahan Mei nanti mudah-mudahan sudah jelas semuanya," katanya ketika dihubungi Tempo, Ahad, 22 April 2012. 

Laga Indonesia melawan Bahrain di ajang Prakualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia berlangsung di Manama Stadium, Bahrain, 29 Februari 2012. Dalam laga itu, Indonesia yang mengirim tim lapis kedua, babak belur dihajar Bahrain dengan skor telak 10-0. 

Pelatih tim nasional saat itu, Aji Santoso, sempat melontarkan kalimat "uang terlibat di sini" kepada hakim garis. Walhasil, Aji pun diganjar kartu merah dan diusir ke luar lapangan. Belakangan FIFA memberinya sanksi larangan mendampingi tim nasional selama empat pertandingan internasional plus denda sekitar Rp 60 juta.

Tudingan Aji bahwa ada main mata dalam pertandingan itu cukup beralasan. Wasit, misalnya, mengusir penjaga gawang Samsidar ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Wasit juga memberi hadiah penalti tiga kali kepada Bahrain. 

FIFA tak menutup mata pada kejanggalan-kejanggalan ini. Mereka pun kemudian membentuk tim khusus untuk menginvestigasi adanya dugaan main mata dalam laga itu. 

DWI RIYANTO AGUSTIAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar