Featured Video

Kamis, 12 Juli 2012

Perburuan Ambisius Rusia


AFP/Natalia Kolesnikova
Penyerang Rusia, Andrey Arshavin (tengah), ambil bagian dalam sesi latihan di Stadion Victoria di Sulejowek, Kamis (14/6). Rusia akan melawan Yunani, Sabtu (16/6).


Rusia berpacu dengan waktu. Mereka bergerak cepat memburu pelatih tim nasional untuk kualifikasi Piala Dunia 2014 yang bergulir mulai September. Tim Negeri ”Beruang Merah” ambisius mengincar nama-nama besar.

Persatuan Sepak Bola Rusia (RFU) mengeluarkan daftar 13 kandidat untuk mengganti Dick Advocaat. Pelatih asal Belanda itu mundur setelah gagal membawa Rusia lolos dari penyisihan grup Piala Eropa 2012.

RFU mengincar sejumlah pelatih besar, seperti Fabio Capello, Pep Guardiola, Marcello Lippi, Harry Redknapp, Rafael Benitez, dan Marcelo Bielsa.

Rusia juga memasukkan tujuh nama pelatih lokal, seperti Anatoly Byshovets yang membawa Rusia meraih medali emas Olimpiade 1988, Valery Nepomnyashchy yang meloloskan Kamerun ke perempat final Piala Dunia 1990, serta Nikolai Pisarev yang pelatih tim U-21 Rusia.

RFU bergerak cepat memperoleh pelatih timnas untuk menyiapkan laga pertama kualifikasi Piala Dunia, putaran pertama Grup F zona Eropa melawan Irlandia Utara, 7 September.

”Mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mencari pelatih tim nasional yang baru sebelum 20 Juli, saat liga Rusia bergulir,” ujar Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko.

Pelatih baru Rusia juga harus segera mempersiapkan tim untuk uji coba melawan Pantai Gading pada 14 Agustus.

Pierfilippo Capello, putra sekaligus manajer Fabio Capello, mengatakan, ayahnya akan tertarik melatih Rusia. ”Saya bisa mengatakan dia sangat tertarik menjadi pelatih tim nasional Rusia. Ayah saya selalu menjadi pengagum tim Rusia, dan saya tahu dia akan senang berbicara (dengan RFU) dan mendengarkan penawaran,” ujar Pierfilippo.

Siap tinggal di mana pun

Phil Smith, agen Redknapp, menegaskan, kliennya terbuka bernegosiasi. ”Apakah Harry keberatan ke Rusia? Tidak. Dia siap berangkat dan tinggal di negara mana pun, terutama negara sebesar Rusia. Saya pikir tawaran seperti itu akan sangat menarik bagi dia, tetapi kami belum mendengar apa pun,” ujar Smith.

Namun, harian Inggris The Guardian melaporkan, mantan pelatih Tottenham Hotspur itu tidak tertarik melatih Rusia. Keterangan itu dikutip dari teman dekat Redknapp.

Sementara itu, Polandia selangkah lebih maju dengan menunjuk Waldemar Fornalik sebagai pengganti Franciszek Smuda yang mundur setelah Piala Eropa 2012. Penunjukan pelatih klub lokal Ruch Chorzow itu sebagai pelatih tim nasional dikritik karena dia minim pengalaman internasional.

”Dua tahun lalu para pemain di Liga Polandia memilih dia sebagai pelatih terbaik. Itu berarti dia sangat dihargai. Saya harap dia akan menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pelatih tim nasional,” ujar Ketua Federasi Sepak Bola Polandia Grzegorz Lato.

Fornalik memikul tugas besar untuk meloloskan Polandia ke Brasil. Beban yang sama dipikul oleh Didier Deschamps yang menggantikan Laurent Blanc melatih tim Perancis.

”Les Bleus” berada di Grup I kualifikasi Piala Dunia 2014 bersama Spanyol, Belarus, Finlandia, dan Georgia. Deschamps akan menerapkan aturan tegas dan tidak menoleransi perilaku buruk pemainnya. Tim Perancis belum menemukan harmoni setelah pemberontakan pemain di Piala Dunia 2010 dan pertengkaran antarpemain di Piala Eropa 2012. (Reuters/AFP/AP/ANG)

http://bola.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar