Featured Video

Senin, 03 September 2012

Timnas Datangkan Pelatih Khusus dari Klub Brasil


foto









Timnas Indonesia Nurmufid melakukan selebarasi usai mencetak gol di gawang Timor Leste dalam pertandingan kualifikasi grup E Piala Asia (AFC) di Pekanbaru, Riau,

Jajaran pelatih tim nasional senior Indonesia akan mendatangkan seorang pelatih dan fisioterapis asal klub Brasil, Cruzeiro, untuk menganalisis kemampuan para pemain. Hasil analisis itu, menurut asisten pelatih timnas senior, Fabio Oliveira, akan membantu tim pelatih untuk menyusun program menjelang Piala AFF pada November 2012.


"Ini adalah aplikasi dari sport science. Dari hasil analisis itu akan ada data lengkap soal pergerakan pemain atau jumlah umpan yang mereka lakukan saat di lapangan," kata Fabio Oliveira, Senin, 3 September 2012.

"Hal ini lumrah diterapkan di sepak bola Eropa. Akan bagus jika bisa diaplikasikan di sepak bola Indonesia karena akan membantu tim pelatih menentukan siapa pemain yang siap untuk bertanding," Fabio menambahkan.

Kerja sama dengan pelatih dan fisioterapis asal Cruzeiro itu akan berlangsung hingga pertandingan uji coba melawan Korea Utara pada 10 September 2012. "Di pertandingan itu, mereka akan menganalisis pemain. Lalu hasilnya akan kami sebar ke pemain sehingga para pemain tahu apa kesalahan yang mereka lakukan di pertandingan tersebut," kata Fabio.

Rencana menggunakan tenaga pelatih dan fisioterapis asal Cruzeiro, kata Fabio, telah direncanakan sejak beberapa bulan yang lalu. "Kebetulan saya dan mereka sama-sama berasal dari Brasil. Selain itu, kami juga kenal saat pernah bekerja sama di Malaysia. Saya sampaikan ke tim pelatih lain dan mereka setuju," ujar Fabio.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar