Featured Video

Selasa, 09 Oktober 2012

Pacu Itik Satu-satunya di Dunia












Wakil Waliko­ta Payakumbuh Suwandel Muchtar, minta publik olahraga terbang itik di Payakumbuh,  untuk mengemas iven terbang itik yang punya nial jual buat wisatawan mancanegara.
Olahraga terbang itik satu-satunya di dunia, hanya ada di Luak Limopuluah, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, akan menjadi besar, jika dikelola secara profesional.
Penegasan tersebut disampaikan Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, ketika membuka lomba pacu terbang itik di  Kelurahan Aur Kuning Payakumbuh Selatan, Sabtu (6/10). Perlombaan ini berlangsung selama dua hari 6 dan 7 Oktober 2012. Dengan jumlah itik yang ikut berlomba 70-an peserta, dari berbagai naghari di Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.
Ikut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kelurahan Aur Kuning Irnaldi, YB. Dt. Parmato Alam Ketua PORTI (Persatuan Olahraga Terbang Itik) Payakumbuh, Ketua PORTI Kabupten Lima Puluh Kota, Ketua Galanggang Aua Kuniang Dt. Rajo Endah serta Niniak Mamak Kanagarian Aua Kuniang.
Diungkapkan  Wawako Suwandel Muchtar, lomba pacu terbang itik merupakan tradisi khas luhak nan bungsu. Karena kekhasannya, perlombaan ini tidak akan ditemui di daerah lain atau belahan benua lainnya di dunia. Oleh karena itu Suwandel mengharapkan hendaknya generasi muda payakumbuh agar tetap menjaga dan melestarikan tradisi olahraga ini.
Sementara itu,  YB.Dt. Parmato Alam yang juga anggota DPRD kota Payakumbuh serta ketua KAN Aur Kuning, juga berharap, agar pacu terbang itik telah menjadi kalender pariwisata tahunan Payakumbuh. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh, diminta, melakukan sinergistias dengan PORTI untuk menggelar iven yang terencana setiap tahun. Ia optimis, olahraga ini akan menarik bagi wisatawan mancanegara, karena sangat unik. Adapun kelas yang diperlombakan dalam pacu terbang itik kali ini diantaranya race 500 meter, 800 meter, 1000 meter, 1.200 meter, kelas 1.400 meter, dan kelas 1.600 meter. 

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar