Featured Video

Senin, 05 November 2012

Angkatan Laut Kembali Uji Coba Rudal Yakhont


foto









Rudal Yakhont. rian.ru

TNI Angkatan Laut baru saja menggelar uji coba Rudal Yakhont asal Rusia dalam Latihan Armada Jaya XXXI/12. "Baru diuji coba tanggal 13 Oktober lalu di Laut Sulawesi," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Untung Suropati ketika dihubungi Tempo, Senin, 15 Oktober 2012.


Untung menilai uji coba Yakhont yang digelar untuk kedua kalinya lebih sukses daripada uji coba pertama. "Luar biasa, untuk pertama kalinya rudal Yakhont bisa ditembakkan dari jarak 185 mil," kata Untung.

Rudal jenis Over The Horizon Targetting (OTHT) itu sudah dimiliki oleh Indonesia. Terakhir, rudal ini diujicoba pada tahun 2011 lalu. "Hanya sekali tembak, kapal sasaran langsung tenggelam," kata Untung. Uji coba ini, kata Untung, tak hanya menguji sarana yang telah dimiliki TNI AL, tapi juga menguji kemampuan para personelnya.

Rudal Yakhont itu ditembakkan dari KRI Oswald Siahaan 354. Sedangkan sebagai sasaran tembak adalah eks KRI Teluk Berau. Yakhont adalah rudal supersonik terbaru yang dimiliki TNI AL. Rudal buatan Rusia itu memiliki dimensi panjang 8,9 meter dan diameter 0,7 meter, jarak tembaknya sejauh 300 kilometer, dan bisa mencapai kecepatan luncur sebesar 2,5 Mach. Satu unit rudal Yakhont ditaksir seharga US$ 1,2 juta.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar