Featured Video

Senin, 19 November 2012

Hamilton Menang, Vettel vs Alonso Dituntaskan di Brasil



Getty Images
Texas - Memenangi duel dengan Sebastian Vettel, Lewis Hamilton berhak atas podium tertinggi di GP Amerika Serikat. Sementara kompetisi menjadi juara dunia antara Vettel dan Fernando Alonso harus dituntaskan di seri pamungkas.

Vettel menjalani start mulus untuk mempertahankan posisi terdepan yang dia punya. Sementara Lewis Hamilton, yang berusaha menyodok, justru dapat hadangan dari Mark Webber, dia kemudian malah tergusur ke posisi tiga karena disalip pebalap Red Bull asal Australia itu.

Melakukan start dengan sangat baik adalah Fernando Alonso yang langsung bertengger di posisi empat. Ini memberi dia keuntunan besar karena terhindar dari padatnya lintasan untuk menjaga persaingan di barisan depan dengan Vettel.

Di lap kedua Hamilton dan Webber terlibat persaingan sengit memperebutkan posisi kedua, mobil kedua pebalap itu nyaris bersenggolan. Setelah upaya pertamanya gagal, di lap empat Hamilton akhirnya bisa merebut posisi tersebut. 

Hamilton pun langsung memberi tekanan pada Vettel dengan mencatatkan beberapa fastest lap. Selisih waktu Vettel-Hamilton yang lebih dari 2,5 detik di lap keenam bisa terus dipangkas. Saat masuk putaran 14 jarak Hamilton ke Vettel sudah berada di bawah satu detik.

Sementara itu, Alonso belum mampu memperbaiki posisinya dari urutan empat, dia tertahan Mark Webber yang tampil impresif. Namun Webber kemudian bernasib nahas karena mobil tunggangannya mengalami masalah dan terpaksa pensiun pada lap 17. 

Hamilton dan Alonso kemudian masuk pit stop di lap 21. Si pebalap Ferrari agak tersendat saat melakukan pergantian ban, yang membuat dia turun ke urutan lima saat kembali ke lintasan. Satu putaran berselang gantian Vettel yang masuk pit stop, dan dia keluar dari sana masih dengan menjadi pemimpin balapan.

Saat Hamilton terus berupaya mengejar Vettel di posisi terdepan, balapan yang lebih seru terjadi di papan tengah dengan melibatkan Kimi Raikkonen, Button dan Felipe Massa. Saling salip terjadi di antara ketiga pebalap tersebut untuk mendapatkan posisi tiga besar, yang kemudian diraih Button, sebelum dia harus melepaskannya karena masuk lap di putaran ke-36.

Setelah bersabar menguntit di belakang Vettel selama berpuluh lap, Hamilton akhirnya bisa merebut posisi terdepan saat balapan masuk lap 42!

Keberhasilan Hamilton merebut posisi terdepan diikuti rekan setimnya, Button, yang di lap 46 berhasil merebut posisi lima dari Kimi. 

Di lap-lap terakhir balapan Vettel terus mencoba mengejar Hamilton dan berhasil merapatkan jarak. Sementara Alonso terlihat nyaman dengan posisi tiga yang dia punya. Tak jauh di belakangnya, Button mengalami masalah pada KERS yang membuat dia tak punya cukup kemampuan untuk mencoba menekan Massa yang berada di posisi empat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar