Featured Video

Senin, 19 November 2012

"Taktik Kasar" Ferrari Mendulang Sukses buat Alonso


Sumber : ESPNF1 | Author : -


Austin,  Keberhasilan Fernando Alonso finis ketiga di GP F1 Amerika yang berlangsung di sirkuit baru Austin, Texas, pagi dini hari tadi (19/11) berkat "taktik kasar" Ferrari. Selain juga terbantu oleh pebalap Romain Grosjean (Lotus) yang terkena penalti turun 10 peringkat karena ganti girbok, plus penampilan hebat Alonso saat start yang bisa menyodok keempat lepas tikungan pertama.

Jebolkan segel girbok
Jelang balapan, tepatnya usai kualifikasi, Alonso menempati urutan start kesembilan. Tentu, hasil ini mencemaskan bagi, baik sang pebalap maupun kubu Ferrari, yang sulit bisa bersaing dengan Sebastian Vettel. Apalagi pebalap andalan Red Bull tersebut start paling depan.

Posisi start Alonso terdongkrak dari baris kelima naik ke baris keempat dengan mundurnya Grosjean dari urutan keempat jadi ke-14 karena penalti. Agar posisi Alonso bisa berada di bagian luar (karena tikungan pertama belok ke kiri), maka Ferrari menjalankan siasat memundurkan posisi start pebalap keduanya Felipe Massa yang menempati urutan ketujuh.
Caranya, skuad Italia memutuskan untuk memecahkan salah satu segel di girboks mobil Massa. Dengan trik itu, pebalap Brasil mendapat penalti mundur lima posisi dan start di urutan ke-12.
Pimpinan tim Ferrari Stefano Domenicali mengakui tidak ragu tim membuat keputusan yang tepat menciptakan penalti untuk Massa demi Alonso mendapat posisi start lebih baik. Tepatnya, Alonso berada di sisi yang bersih (berada di luar).
Beda ketika Alonso mendapatkan grid kesembilan sangat dikhawatirkannya lantaran berada di sisi dalam (istilah pebalap kotor).
Domenicali yakin betul, jika tim dalam situasi seperti itu akan melakukan hal yang sama. Ketika ditanya, apakah tindakan yang dilakukan terhadap mobil Massa dalam semangat peraturan. "Ya, kalau tidak kita tidak akan melakukannya. Saya lebih suka transparan, karena dengan seperti itu Anda dapat dengan mudah mensimulasikan sesuatu," tegas Domencali.
"Aku harus berterima kasih kepada Massa," lanjut Domenicali. Ia kembali menegaskan keyakinannya bahwa Massa telah mengerti dengan penalaran Ferrari. Ditambahkannya, Ferrari juga telah berpikir tentang kemungkinan Red Bull melakukan hal yang sama terhadap pebalap Mark Webber dalam upaya menempatkan Alonso di sisi dalam.
Diakuinya pula, mengapa tim menunggu hingga saat terakhir melepas segel, tak lain merupakan bagian dari strategi. "Itu bagian dari permainan dan Ferrari tidak memikirkan tentang pebalap yang berada di belakang Massa," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar