Featured Video

Minggu, 04 November 2012

JALUR PADANG-PAINAN PUTUS Hujan Deras Mengguyur Kota Padang


Hujan deras yang mengguyur Kota Padang, Sabtu (3/11) sejak pukul 14.00 WIB hingga malam mengakibatkan longsor di tiga lokasi. Dua musibah longsor terjadi di kawasan Bukit Lampu dan daerah Gaung, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Ini menyebabkan putusnya jalur lalu lintas Padang. Berikutnya juga longsor di kawasan Sebarang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.
“Material tanah longsor yang menutup badan jalan mengakibat arus lalu lintas Padang-Painan terputus,” kata Manajer Pusdalop Pe­nang­gulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Ade Edward di Padang, kemarin.
Dua titik longsor di Ke­camatan Bungus Teluk Ka­bung telah membuat arus lintas dari arah Padang me­nuju Painan terputus. Dia optimis, proses pembersihan material tanah longsor itu selesai menjelang Minggu.
“Longsor terjadi pada tiga ti­tik. Be­berapa unit alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum di­kerah­kan mem­bersihkan ma­terial longsor,” kata Kepala Bi­dang Penanggulangan Ben­cana Dinas Pemadam Ke­bakaran (Damkar) Padang, Edi Asri.
“Kita yakin Sabtu malam kendaraan sudah bisa kem­bali normal, alat berat sedang membersihkan material tanah yang menimbun badan jalan,” katanya.
Agar tidak terjadi kemacetan panjang, polisi mengatur arus lalu lintas Padang-Painan dengan sistem buka-tutup. “Polisi  membuat sistem buka tutup agar tidak terjadi kemacetan panjang,” katanya.
Selain tanah longsor, hujan deras juga meng­aki­batkan beberapa pohon ber­tum­ba­ngan. Seperti di daerah Jati Kecamatan Padang Timur. Petugas telah ditu­runkan untuk melakukan pemotongan. “Dalam dua peristiwa itu tidak me­nim­bulkan korban jiwa,” katanya.
Tingginya curah hujan me­nyebabkan sejumlah pemukiman warga di Kota Padang rawan terkena banjir dan longsor. “Di Kota Padang saat ini banyak terdapat titik-titik rawan longsor. Seperti di Bukit Air Manis, Bungus, Bukit Lantiak, Bukit Gado Gado, Kuburan Turki, Lubuk Begalung, dan Sitinjau Laut,” katanya.
Sedangkan untuk jalur lintas Sumatera Barat, yang rawan longsor dan perlu diwaspadai adalah daerah Lembah Anai yang masuk dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang Panjang. Berikutnya jalur Sitinjau Laut yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok juga rawan longsor dan patut diwaspadai.
Hujan deras yang mengguyur wilayah Sumbar sejak beberapa hari belakangan juga telah menyebabkan banjir, meliputi wilayah Sumpur Kudus, Ka­bupaten Sijunjung dan sejumlah wilayah di Kabupaten Solok Selatan. Namun sejauh ini belum ada dilaporkan korban jiwa. Ratusan rumah terendam air dan ada beberapa di antarnya yang roboh. Sejumlah jembatan juga rusak, bahkan ada yang putus. Ratusan hektar lahan pertanian tergenang air dan ratusan orang terpaksa mengungsi ke tempat aman.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar