Featured Video

Minggu, 06 Januari 2013

Gorila Ini Hobi Akrobat Tali


Gorila Ini Hobi Akrobat Tali












Kidogo si gorila. Dailymail.co.uk

 Krefeld - Ada pemandangan unik di Kebun Binatang Krefeld di Jerman. Salah satu penghuninya, Kidogo si gorila, mempunyai kemampuan mirip pemain akrobat. "Kidogo terlihat beberapa kali meniti tali di dalam kandangnya," ujar pawang, Jumat, 4 Januari 2013.


Kemampuan unik itu baru muncul beberapa hari terakhir. Sebelumnya Kidogo selalu murung. Sejak dipindahkan pada Maret tahun lalu, gorila punggung perak itu merindukan kampung halamannya di Kebun Binatang Givskud di Denmark.

Pawang sempat prihatin melihat kera besar 12 tahun itu malas berbuat apa-apa di dalam kandang. Berbagai cara dilakukan para pawang untuk menghibur Kidogo. Salah satunya adalah memasang seutas tali di dalam kandangnya. 

Maksud awal pemasangan tali itu supaya bisa digunakan Kidogo untuk bergelantungan. "Tetapi kami kagum saat ia memanjat dan mulai berjalan di atas tali," ujar pawang.

Kidogo diangkut ke Jerman untuk menggantikan peran Massa, seekor gorila jantan yang mandul. Namun, sejak dipindahkan ia tampak tidak antusias dan tidak betah di rumah barunya.

Untungnya, pemasangan tali berhasil mengalihkan perhatian Kidigo dari kampung halaman. Kini gorila itu tidak pernah lagi terlihat bersedih.

Kidogo adalah gorila dataran rendah khas penghuni kawasan Afrika Barat. Para pawang menjulukinya "Si Raja Kodo". Kidogo tinggal dalam sebuah kandang ditemani dua gorila betina, yaitu Muna, 23 tahun, dan Oya, 24 tahun.

Kemampuan Kidogo memanjat dan meniti tali mengundang perhatian banyak pengunjung. Gorila ini bahkan mulai dibandingkan dengan Nik Wallenda, seorang pemanjat tali yang tahun ini menjadi orang pertama yang berjalan pada kawat di atas air terjun Niagara di Amerika Serikat.

Aksi Wallenda pada Juni tahun lalu menyedot perhatian 1 miliar pemirsa televisi di Negeri Abang Sam. Pemeran pengganti berusia 33 tahun ini beraksi meniti kabel baja setebal 5 sentimeter pada ketinggian 600 meter. Ia menghabiskan 25 menit melintasi perbatasan Kanada dan Amerika.

Kidogo mungkin perlu banyak waktu untuk menyamai prestasi Wallenda. Namun, ulah unik dan jenaka yang dia buat baru-baru ini membuktikan bahwa Kidogo mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya. "Dia sekaligus pamer kemampuan ke gorila betina," ujar pawang.


s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar