Featured Video

Sabtu, 24 September 2011

637 Orang Terima Beasiswa Semen Padang


Padang, Singgalang
PT Semen Padang menyalurkan beasiswa smester II/2001, sebesar Rp380 juta bagi 637 orang dari SD sampai perguruan tinggi. Selain itu juga untuk atlet binaan FKKSP yang berprestasi, di Gedung Serba Guna Semen Padang, Jumat (23/9).
“Pemberian beasiswa dalam upaya mencerdaskan anak-anak bangsa ini sejalan dengan visi dan misi PT Semen Padang. Perusahaan sangat menyadari, sumber daya manusia merupakan aset bangsa yang harus dikelola dan dikembangkan secara optimal. Semen Padang berupaya menjadi yang terdepan dalam program tersebut,” kata Dirut Semen Padang Munadi Arifin, pada acara penyerahan beasiswa semester II Tahun 2010/2011.
“Program mencerdaskan SDM yang dilaksa-nakan Semen Padang bukan semata untuk tujuan berkiprah di perusahaan ini, tapi juga dengan harapan anak-anak Sumbar bisa berkiprah di perusahaan-perusahaan ternama lainnya,” kata Munadi yang menyelesaikan pendidikan di Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung 1980 dan pernah mendapat beasiswa dari salah satu perusahaan di Tanah Air.
Munadi menyebutkan pemberian beasiswa merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Padang, yang disalurkan secara periodik setiap semester. Pada semester II 2010/2011 ini, bantuan diberikan pada 637 orang yang terbagi merata di tingkat SD, SLTP/sederajat, SLTA/sederajat dan perguruan tinggi serta para atlit binaan FKKSP yang berprestasi. Total Rp380 juta.
Acara penyerahan dihadiri Direktur Pemasaran Benny Wendri, Direktur Produksi Toto Sudibyo, Sekretaris Perusahaan Firdaus, Kepala Biro Humas Daconi, Kepala Biro CSR Ampri Satyawan, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Muslim, Ketua KAN Lubuk Kilangan Basri Dt Usali, Camat Lubuk Kilangan, Pauh, dan jajaran guru pendamping siswa.
Kepala Biro CSR Ampri Satyawan melaporkan, pemberian beasiswa bagi anak-anak miskin berprestasi sudah dilaksanakan sejak 2005. Jumlah dana yang telah dialokasikan untuk beasiswa meningkatkan dua kali lipat dari Rp394 juta pada 2005/2006 menjadi Rp760 juta pada 2010/2011. Pemberian dilak sanakan dua kali dalam setahun atau per semester.
Untuk semester II tahun ajaran 2010/2011 ini diserahkan beasiswa Rp380 juta dengan jumlah penerima 637 orang termasuk atlet berprestasi. Mereka terdiri dari tingkat SD dan sederajat 322 orang masing-masing Rp400 ribu, tingkat SMP dan sederajat 155 orang, masing-masing Rp500 ribu. Tingkat SMA dan sederajat 118 orang, masing-masing Rp750 ribu. Kemudian mahasisiwa 42 orang masing-masing Rp1 juta.
Pada tahap ini, kata Ampri, perusahaan memberikan beasiswa kepada siswa/wi lulusan SMU Igasar yang memenuhi kriteria masuk peringkat 10 besar yang diterima di perguruan tinggi dan berasal dari keluarga tidak mampu.
Dalam penyaluran beasiswa, sistem penyaluran yang dilakukan Semen Padang berpedoman pada prestasi nilai rata-rata minimal 7. Untuk mahasiswa memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal 3. Apabila nilai nilai ini bisa dipertahankan, pemberian beasiswa akan berlanjut.
Setiap tahun alokasi dana CSR baik dalam Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) maupun Non PKBL selalu ditingkatkan.
Pada 2010 total dana Non PKBL yang disalurkan untuk program pendidikan Rp535.545.800. Sementara dana BL untuk program pendidikan 1,16 miliar. Pada 2011, dana BL yang akan dialokasikan Rp2,5 miliar lebih. Bantuan sebesar itu untuk aktivitas seminar, beasiswa, penggantian SPP untuk anak-anak SD Bustanul Ulum, kegiatan Lolapil dan kegiatan lainnya. (yose)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar