Featured Video

Sabtu, 22 Oktober 2011

PEMAIN DAN MANTAN PEMAIN SEMEN PADANG BIKIN GOL


TIMNAS U 23 KALAHKAN MITRA KUKAR 5-1
JAKARTA, HALUAN — Timnas U-23 yang dipersiapkan ke SEA Games XXVI memetik kemenang­an 5-1 (2-0) atas klub Mitra Kukar pada laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Jumat.
Menariknya, pemain Semen Padang (SP), Ferdinand Sinaga dan mantan pemain Semen Padang Heru Nerli membukukan Gol dalam pertandingan tersebut.

Ferdinand menciptakan satu dari lima lima gol bagi tim asuhan Rahmad Darmawan pada menit 45. Empat gol lainnya berhasil dilesakkan Yongki Ari­bowo (36), Patrick Wanggai (penalti 70), Zulham Zamrun (87) dan Andik Vermansyah (89). Sedangkan gol balasan Mitra Kukar oleh Heru Nerli (80).
Heru Nerli merupakan salah satu gelandang serang yang pernah berkostum Semen Padang musim lalu. Heru jarang menjadi pilihan Nil Maizar karena perannya kerap “terhimpit” starter utama seperti Vendri Mofu, Yu Hyunko dan Esteban Viscarra. Musim ini, Heru tak lagi diikat kontrak oleh tim yang dibiayai pabrik semen tertua di Indonesia ini
Sementara Ferdinand Sinaga baru bergabung bersama Semen Padang musim ini. Musim lalu, pemain berdarah Medan ini membela tim badai pegunungan Persiwa Wamena. Ferdinand yang menjadi pilihan Rahmad Dar­mawan sebagai tombak, sudah merasakan iklim Liga Indonesia membela Kabau Sirah saat meng­hadapi tuan rumah Persib Ban­dung pada laga pembuka Liga Indonesia, Sabtu (15/10) lalu.
Mengenai pertandingan uji­coba itu, pelatih Timnas Rahmad Darmawan mengaku puas melihat ritme permainan yang di­instruk­sikan kepada Yongki Aribowo Cs. Kendati demikian, RD, sapaan akrab Rahmad, tim garuda muda ini harus mengatur kapan ber­main cepat dan kapan bermain sedang.
Dalam pertandingan itu Rahmad sempat mencoba dua pemain baru yakni Yericho Christiantoko dan Syamsir Alam meski keduanya tidak bermain penuh selama 90 menit. Yericho masuk menggantikan Diego Michiels sejak menit ke-60, sedangkan Syamsir Alam masuk pada menit ke-75 menggantikan Patrick Wanggai.
Pada babak pertama Rahmad menurunkan pemain-pemain Kurnia Meiga (kiper), Abdul Rahman, Gunawan Dwi Cahyo, Diego Michiels, Stevie Bonsapia, Egi Melgiansyah, Hendro Sis­wanto, Ferdinand Sinaga, Ok­tovianus Maniani, Yongki Ari­bowo dan Patrick Wanggai. Sedangkan di babak kedua, Rahmad diantaranya me­masuk­kan Septia Hadi, Andik Ver­mansyah, Yericho Christiantoko, Zulham Zamrun, dan Syamsir Alam.
Sementara Mitra Kukar yang kini dilatih Simon McMenemy (mantan pelatih timnas Filipina) diantaranya diperkuat sejumlah mantan pemain nasional seperti Hendro Kartiko, Hamka Ham­zah, Ahmad Bustomi, Isnan Ali dan Bobby Satria. "Saya harus memberikan kesempatan secara fair, apalagi Syamsir yang baru tiba pada Jumat pagi memang minta diturunkan. Saya lihat baik Yericho maupun Syamsir bisa beradaptasi dalam permainan tadi," ujarnya.
Meski demikian Rahmad belum bisa memastikan apakah kedua pemain itu akan masuk tim inti 20 pemain yang di­daftarkan ke Panpel SEA Games, sebab mereka masih akan di­pan­tau lagi melalui dua pertandingan uji coba berikutnya. "Tapi mereka (Yericho dan Syamsir) cukup punya peluang masuk tim. Saya berharap mereka jadi pemain masa depan Indonesia," ujarnya.
Meski mengaku merasa puas, namun Rahmad masih menyim­pan dua catatan ke­lemahan bagi tim asuhannya, yakni masih sering memberikan ruang gerak kepada lawan dan terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang tak perlu.
Pada bagian lain ia mengakui jika pemain asuhannya masih memiliki kelemahan dengan banyaknya peluang yang terbuang dan seharusnya menjadi gol hanya karena merasa sudah bermain bagus. "Banyaknya peluang yang terbuang mungkin karena mereka sudah merasa bagus sehingga menjadi lengah.
Demikian pula ketika Mitra Kukar membuat gol balasan, itu karena para pemain hanya fokus kepada bola dan le­ngah mengawal lawan," de­mikian Rahmad Dar­mawan.(ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar