Featured Video

Rabu, 09 November 2011

LANUD PANTAU PERMUKIMAN


PADANG,Curah hujan yang tinggi  melanda Kota Padang selama sepekan belakangan ini, membuat Pangkalan Udara (Lanud) Padang berinisiatif mengerahkan sejumlah personil, untuk memantau kondisi pemukiman masyarakat melalui pesawat udara, Selasa (8/11).

Dari hasil pantauan anggota Lanud Padang dari siang hingga sore kemarin, genangan air masih banyak ditemukan di beberapa titik di Kota Padang. Sebagian besar kecamatan yang ada di Kota Padang masih tergenang air, walau dengan volume yang sangat kecil. Beberapa halaman rumah warga juga masih tergenang air, meski matahari sempat muncul di Kota Padang pada Selasa kemarin.
“Pemantauan ini hanya untuk mengetahui kondisi pemukiman masyarakat setelah dilanda cuaca buruk. Lokasi pantauan hanya dilakukan di Kota Padang. Tapi, dari hasil pemantauan anggota kami, tidak ada gangguan serius akibat hujan lebat. Hanya saja beberapa genangan air kecil masih banyak terlihat di beberapa titik,” ujar Komandan Lanud Padang Letkol Pnb Fairlyanto kepada Haluan, Selasa (8/10) kemarin.
Fairlyanto mengatakan, pemantauan ini akan sangat berguna untuk pertolongan cepat terhadap korban bencana, jika suatu titik tertentu terkena musibah, karena jalur darat memiliki banyak keterbatasan untuk memantau kondisi suatu wilayah.
Jalur udara dinilai sangat strategis untuk memantau kondisi masyarakat dengan cepat, sehingga setiap bencana yang datang dapat diketahui dengan cepat dan dikoordinasikan dengan pihak terkait lainnya. (h/wan)(haluan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar