Featured Video

Rabu, 09 November 2011

Piala Sumbar akan Memperebutkan Tropi Bergilir Gubernur


PADANG - Singgalang Agar gezah dan gaungnya lebih besar, turnamen sepakbola Piala Sumbar yang diselenggarakan Pengprov PSSI, mulai tahun ini direncanakan memperebutkan tropi bergilir gubernur. Rencana tersebut nampak nya mendapat sambutan baik dari Pengcab PSSI kota/kabupaten. Sambutan itu bisa dilihat dari keseriusan beberapa daerah dalam mempersiapkan timnya menyongsong perhelatan yang dimulai 20 November untuk putaran pertama tersebut.
Beberapa Pengcab PSSI kota/kabupaten yang sudah terdengar mempersiapakan timnya antara lain, Pengcab Kabupaten Agam, Limapuluh Kota, Kabupaten Solok dan Kota Padang, maupun lainnya. Mereka terlihat sangat serius dalam mempersiapkan timnya. Mereka telah mempersiapkan tim sejak turnamen yang keempat kalinnya dihelat Pengurus Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Pengprov PSSI) itu didengungkan tiga pekan silam. Tepatnya, usai manajer meeting dilaksanakan 22 Oktober 2011.
Bahkan, tim Agam yang diarsiteki pelatih Usman Chan telah dipersiapkan sebelum drawing jadwal dan penentuan tuan rumah putaran pertama tersebut. Demikian halnya, Kota Padang yang berintikan pemain PSTS Tabing dengan pelatih Jafri Sastera, malah jauh hari timnya sudah dipersiapkan.
Sedangkan Limapuluh Kota dengan pelatih utama Zulkifli Anwar serta Kabupeten Solok dengan pelatih kepala Hengki S, juga telah mematangkan timnya.
Seperti diketahui, turnamen yang mulai tahun diperuntuhkan wakil Pengurus Cabang (Pengcab) PSSI kota dan kabupaten, tidak antar klub lali seperti tiga pelaksanaan sebelumnya— itu diikuti 12 daerah.
Turnamen ini menurut H. Armyn AN (ketua PSSI Sumbar) dan H. Sudirman (sekretaris), diharapkan sebagai ajang persiapan bagi kabupaten/kota menghadapi Porprov XI Sumbar di Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2012. Di samping itu, tempat melirik pemain yang kemungkinan bisa dimasukan dalam skuad tim sepakbola PON Sumbar. Karena itu pula, gawe ini diperuntukan pemain kelahiran 1990.
“Kita akan mengusulkan ke gubernur agar turnamen ini memperebutkan piala bergilir Gubernur Sumbar. Sebab, selain kini tim yang turun atas nama wakil Pengcab juga agar gebyar dan gezah turnamen lebih besar. Dan, kita tahu, perhatian gubernur terhadap olahraga cukup besar. Pantas beliau kita hormati melalui ajang ini. Jadi, cocok sekali kalau turnamen ini memperebutkan piala bergilir gubernur,” ujar Armyn AN yang diamini Sudirman dan H. Yasman Yanusar (bendahara PSSI Sumbar) kepada Singgalang di sekretariat PSSi pintu utama Stadion H. Agus Salim Padang, Selasa (8/11).
12 daerah tersebut dibagi dalam empat grup, masing-masing grup terdiri tiga tim. Dihelat pada 20-22 November putaran pertama grup, dengan enpat daerah, Padang, Agam, Limapuluh Kota dan Padang Pariaman sebagai tuan rumah.
Kota Padang, diwakili SSB PSTS Tabing akan bertindak selaku tuan rumah bagi Kabupaten Solok dan Kota Padang Panjang dalam Grup D yang akan dibentang di lapangan PSTS Tabing.
Sedangkan Kabupaten Agam menjadi pelaksana Grup C bersama Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh. Di Grup ini akan dilaksanakan di Stadion Bukit Bunia, Lubuk Basung. Sementara itu, Grup C dituanrumahi Kabupaten Padang Pariaman dengan peserta Kabupaten Sijunjung dan Kota Pariaman. Diselenggarakan di lapangan Sungai Sariah.
Seterusnya Grup A dilakasanakan di Stadion Singa Harau, Sarilamak dengan tuan rumah, Kabupaten Limapuluh Kota. Kabupaten pelaksana Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Sumbar tahun 2012 itu, akan menjamu Kabupaten Pasaman Barat dan Kota Solok.
Sedangkan babak kedua digelar pada 28 November. Babak ini juara dan runner up masing-masing grup berhak lolos ke babak berikutnya. Dengan format juara Grup A menghadapi runner up Grup B, dan juara Grup B menghadapi runner up Grup A.
Sedangkan juara Grup C melawan runner up Grup D serta juara Grup D menghadapi runner up Grup C. Dengan juara grup sebagai tuan rumah pada babak kedua. Sementara itu, semifinal digelar pada 3 Desember dan final pada 4 Desember. Duo laga itu dihelat di Stadion H. Agus Salim Padang. (011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar