Featured Video

Senin, 02 Januari 2012

FESTIVAL RENDANG BERBUAH REKOR MURI


PADANG,  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring meminta, rendang Padang segera dipatenkan, untuk dijadikan ikon masakan Indonesia khususnya Sumatera Barat. Kalau tidak , akan bisa diklaim negara lain.

“Dengan telah dipatenkannya rendang sebagai ikon Indonesia, maka tidak akan ada lagi negara lain yang akan mengaku rendang menjadi ikon negaranya. Sebab, selama ini kelalaian pemerintah tidak segera mempatenkan apa yang telah menjadi ikon Indonesia akhirnya ketika telah direbut oleh negara lain barulah ribut-ribut. Jadi, hendaknya jangan menunggu terjadi konflik baru dilakukan pematenan,” katanya saat membuka festival rendang yang dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol Padang, Sabtu (31/12).
Namun hendaknya, setelah dipatenkan jangan ditinggalkan begitu saja. Tapi, bagaimana terus dilanjutkan dengan mempusatkan pembuatannya di Sumbar, sehingga, jika ada pendatang yang ke Sumbar mereka tahu dimana mencari rendang, dan kemasanannya pun harus diolah dengan baik.
“Saya tidak mengharapkan rendang padang sebagai ikon Indonesia tapi pemekingannya dilakukan negara lain. Sehingga, rendang tidak hanya sekedar ikon saja,” katanya.
Dengan pemekingan dilakukan di Sumbar, maka juga akan membe­rikan keuntungan bagi masyarakat itu sendiri, sehingga, perekonomian masyarakatpun meningkat.
Selain itu, jika perlu dibuatkan website khusus tentang rendang bagaimana cara membuat rendang. Dengan begitu, akan dikenal diseluruh dunia dan akan mencoba untuk membuatnya.
Diharapkan, festival rendang ini diselenggarakan setiap tahunnya. Bahkan, untuk menambah semangat para peserta lomba Menkominfo menambahkan hadiah bagi para pemenang yaitu juara I sebesar Rp10 juta, juara II sebesar Rp7,5 juta dan juara III sebesar 5 juta.
Sementara itu Walikota Padang Fauzi Bahar mengatakan, siapa yang tidak kenal rendang Padang sejak sudah mendunia. Bahkan, rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.
Menjelang tahun baru 2012, Sabtu (31/12) Pemerintah Kota Padang menggelar festival memasak rendang dan akan dilaksanakan setiap tahun. Ia menegaskan, akan segera meminta Dinas Pariwisata Sumbar untuk segera mempatenkan ren­dang padang ini secara hukum agar tidak diklaim oleh negara lain.
Pada kesempatan tersebut, Presiden MURI Paul Wienarto menyerahkan piagam MURI ren­dang terbanyak kepada Walikota Padang Fauzi Bahar.
Pada festival tersebut keluar sebagai Jura I dari Kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan. dan berhak membawa pulang satu unit mobil Carry picup dari panitia pelaksana, dan uang Rp10 Juta dari Menteri Kominfo. Juara II dan III yaitu, Kelurahan Pasar Ambacang Kuranji, dan Kelurahan Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara. Masing – masing mendapat hadiah dari panitia, pelaksana dan ditambah uang dari Menteri Kominfo sebesar Rp7,5 Juta dan Rp5 Juta.
Sedangkan Harapan I, II dan III yaitu, wakil dari Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh, Pegam­biran Ampalu Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung, dan Kelurahan Olo Kecamatan Padang Barat. Juga mendapat hadiah dari panitia.
Untuk lomba exsebisi antar Koramil se Kota Padang, Juara I, II dan III yaitu Koramil 05 Keca­matan Pauh, Koramil 05 Kecamatan Pauh dan Koramil 04 Kecamatan Lubuk Begalung, masing- masing mendapat hadiah dari panitia, dan Dandim 0312 Padang. (h/ade)haluan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar