Featured Video

Jumat, 17 Februari 2012

Kualifikasi Piala Thomas zona Asia Tommy Jadi Pahlawan Indonesia Menuju Semifinal



KOMPAS/YUNIADHI AGUNGTommy Sugiarto


JAKARTA, Tommy Sugiarto menjadi pahlawan tim Indonesia untuk meraih tiket ke putaran final Piala Thomas. Putra mantan pebulutangkis nasional Icuk Sugiarto ini mengalahkan Hong Ji Hoon dengan 21-7, 16-21, 21-8, yang membuat pasukan "Merah-putih" menang 3-2 atas Korea Selatan dalam duel babak perempat final kualifikasi Piala Thomas zona Asia di Macau Forum, Makau, Kamis (16/2/12) malam.


Keberhasilan lolos ke semifinal ini memastikan Indonesia mendapat satu tempat di putaran final Piala Thomas yang akan berlangsung bulan Mei mendatang di Wuhan, China. Di babak empat besar nanti, Jumat (17/2/12), Indonesia akan bertemu juara bertahan China, yang lolos setelah menang 3-0 atas Thailand.

Sebelumnya, Indonesia sempat berada dalam kondisi kritis karena tertinggal 0-2. Tunggal pertama Simon Santoso menyerah dari Lee Hyun Il, serta ganda pertama Bona Septano/Mohammad Ahsan ditaklukkan Yoo Yeon Seong/Ko Sung Hyun.

Namun di partai ketiga, Taufik Hidayat menguak asa Indonesia untuk bangkit. Mantan pemain nomor satu Tanah Air tersebut menang dua gim langsung 21-11, 21-15 atas Shon Wan Ho. Kido/Hendra membuat Indonesia bisa mengejar ketertinggalan, setelah memenangi duel selama 57 menit atas Lee Yong Dae/Choel Shin Baek, dengan rubber game 19-21, 21-17, 21-17.

Tim Uber adu nasib lewat playoff
Jika tim Thomas sudah mendapat tiket ke babak utama, lain halnya dengan tim Piala Uber. Adriyanti Firdasari dan kawan-kawan harus mengadu nasib lewat babak playoff, setelah dikalahkan China 0-3 di perempat final.

Besok, Indonesia lebih dulu menghadapi Singapura, sebelum bertemu Hongkong dan Malaysia. Jika pasukan putri Tanah Air ini berhasil menyapu bersih tiga laga playoff ini, maka mereka akan bertemu wakil Eropa untuk memperebutkan satu tiket tersisa menuju putaran final Piala Uber.
 http://olahraga.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar