Featured Video

Sabtu, 14 Juli 2012

Tradisi "Mangaik Mungkuih" Terus Digalakkan di Pessel


PAINAN, PESSEL, SO--Mangaik (Mangait) ikan mungkuih sebuah kegiatan tradisional di Pesisir Selatan (Pessel). Sebut saja tradisi ini awalnya tak dikenal masyarakat luar, namun setelah agenda tahunan Festival Langkisau dilaksanakan di Pessel. Maka kebiasaan mangaik mungkuih dijadikan salah lomba di FL.

Mangaik mungkuih ini telah mulai dilaksanakan sejak tahun 2009 pada ivent FL. Di tahun ini, Rabu (13/6) lomba mangaik mungkuih ini langsung dibuka Wakil Bupati Pessel, Editiawarman di Nagari Palangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir belahan selatan kabupaten Pesisir Selatan.

Lomba ini disamping bagian iven pada FL juga diminati oleh masyarakat setempat. Tidak ketinggalan peserta juga berdatang dari kecamatan tetangga, dan juga luar daerah seperti dari kota Padang. Sebanyak 50 orang ikut lomba pada kegiatan FL yang dilaksanakan di Pessel tahun 2012 ini.

Pada lomba itu, panitia juga mengatur dan membuat beberapa aturan, dimana panitia memakai tali yang membentang sungai sekitar 4 meter dari hilir dan mudik. Tali ini merupakan jarak peserta yang ikut lomba dengan waktu mangaik disediakan 15 menit lamanya.

Waktu inilah akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta agar mampu memperoleh mungkuih sebanyak mungkin. Karena pemenang lomba sangat ditentukan berapa banyak yang mampu mungkuih dikaitnya secara hidup-hidup disela bebatuan Batang Sungai Palangai Gadang.

Kepala Dinas Pemuda Olah­raga Kebudayaan dan Pariwisata Pessel, Iqbal Rama Dipayana mengatakan, kegiatan lomba mangaik mungkuih pada ivent Festival Langkisau sudah dilakukan sejak tahun 2009 lalu hingga sekarang. Karena kalau tidak digalakkan lagi tradisi ini akan hilang begitu saja. Maka pada ivent FL akan terus dilaksanakan tiap tahunnya. 

”Kebiasaan ini sangatlah unik, tidak mungkin hilang begitu saja, maka melalui FL akan terus kita lakukan, uniknya tidak memakai umpan, hanya menggunakan kawat bengkok dan tali yang diikat pada kayu, mungkuih bisa di dapatkan, tentunya dengan kepintaran si pengaik mungkuih," tuturnya.

sumbaronline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar