Featured Video

Kamis, 25 Oktober 2012

Jual Beli Hewan Qurban pun Laris di Internet



Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Menjelang Idul Adha 1433 H yang jatuh pada 26 Oktober 2012, masyarakat muslim di Indonesia biasanya disibukkan dengan aktivitas perdagangan hewan qurban sebagai bagian dari ritual hari raya.

Jika pada umumnya jual beli hewan qurban dilaksanakan secara konvensional -- dengan mendatangi pasar hewan atau penjual hewan qurban, namun seiring kian mudahnya akses internet, aktivitas perdagangan hewan qurban pun mulai merambah dunia maya.

Seperti yang terlihat di Tokobagus.com, ratusan hewan qurban mulai dari sapi hingga kambing dijual secara online di situs e-commerce ini.

Salah seorang penjual hewan qurban bernama Parjo dari Cipinang Melayu, Jakarta Timur, menjelaskan, ia menjual hewan qurban hingga puluhan ekor. Ada 40 ekor kambing dan delapan ekor sapi yang dipasarkannya secara online melalui situs itu.

Harga hewan qurban yang ditawarkannya bervariasi, mulai dari harga Rp 1 juta hingga Rp 3 juta untuk kambing. Sedangkan untuk sapi, ia menjual dari harga Rp 9 juta hingga Rp 13,6 juta tergantung bobotnya.

"Sejak tahun 80-an saya sudah berjualan hewan qurban, dan tahun ini baru mencoba jualan di internet. Kebetulan ada saudara saya yang bantu posting, karena saya sendiri tidak tahu caranya," paparnya.

"Alhamdulillah, begitu jualan saya muncul di postingan, yang menghubungi ponsel saya buat order kambing qurban dan sapi makin banyak. Ini berkah buat saya," ungkap Parjo sambil tersenyum.

Lebih lanjut Parjo menuturkan, bahwa di Idul Adha tahun ini harga hewan qurban naik hingga 30% dibanding penjualan di bulan-bulan biasa. 

Ia sendiri banyak mendatangkan hewan qurban dari Jawa Barat seperti Garut, dan Ciamis serta terkadang diambilnya dari Lampung.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, Parjo menerapkan layanan antar hewan qurban sampai ke tempat pembeli, dan tidak ada minimal pembelian sebagai syaratnya.

PR Manager Tokobagus.com, Ichwan Sitorus, menuturkan bahwa aktivitas member yang berjualan hewan qurban di situsnya tahun ini meningkat dibanding tahun 2011 lalu.

"Kami kebanjiran pedagang hewan qurban tahun ini, ada lebih dari 80 pedagang yang menjual ratusan kambing maupun sapi. Umumnya member-member pedagang hewan qurban di situs kami berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Barat," jelas Ichwan kepada detikINET, Rabu (24/10/2012).


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar