Featured Video

Rabu, 14 November 2012

Rumah Sakit Masih Bingung dengan Kartu Sehat Jokowi


Rumah Sakit Masih Bingung dengan Kartu Sehat JokowiTRIBUNNEWS/HERUDINWarga Pademangan Timur Jakarta Utara menunjukkan kartu Jakarta Sehat, yang diberikan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, sabtu (10/11/2012). Kartu ini dibagikan secara bertahap kepada seluruh penduduk DKI untuk memudahkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.






Pengoperasian Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang digagas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di rumah sakit swasta dinilai belum optimal. Hal itu terlihat di Rumah Sakit Sukmul Sisma Medika, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan KJS. PIhak rumah sakit menyatakan belum siap karena terkendala teknis dan mekanisme yang belum jelas.

"Mekanismenya masih dalam tahap pengkajian, dan masih dibicarakan. Jadi untuk sementara kita belum siap, karena mekanismenya seperti apa juga kita belum tahu," kata Siswanto, Koordinator Gakin RS Sukmul Sisma Medika, kepada wartawan, Selasa (13/11/2012). 

Selama ini ,pihaknya sudah terbiasa melakukan layanan seperti Gakin dan SKTM. Tetapi, untuk KJS pihaknya tengah mempelajari mengenai sistem yang akan diterapkan. "Apa sistemnya sama seperti kartu kredit, (seperti) kita bekerja sama dengan asuransi, kita belum tahu," ujar Siswanto. 

Sementara, terkait alat penunjang dalam pelayanan teknis terhadap kartu sehat, Siswanto juga mengatakan, pihaknya belum menerima alat tersebut dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Ia mengatakan, rumah sakit belum mengetahui seperti apa alat tersebut.

"Alat dari Pemprov belum, belum tahu saya. Bentuknya seperti apa juga kita belum tahu. Memang untuk KJS ini, kita belum tahu banyak," katanya. 

"Sebenarnya kalau kita mungkin sudah siap jika ditunjang oleh peralatan yang ada, sesuai dengan standar beberapa rumah sakit. Kita tetap ikuti, itukan program pemerintah," kata Siswanto. 

Seperti diberitakan, program Kartu Jakarta Sehat telah di-launching Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Gubernur menyatakan 88 rumah sakit di Jakarta sudah dapat melayani pasien yang sudah memiliki Kartu Jakarta Sehat. Namun, masih ditemukan sejumlah kendala, di antaranya, belum semua rumah sakit rujukan siap melayani pasien dengan KJS.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar