Featured Video

Jumat, 23 September 2011

Ahmadinejad Pidato, Sejumlah Negara "Walk Out"


CNNDelegasi Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa walk out dari Sidang Majelis Umum PBB, Kamis (22/9/2011), selama pidato Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad.


NEW YORK, KOMPAS.com 
 Delegasi Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa walk out dari majelis umum PBB, Kamis, selama pidato Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Dalam pidatonya itu, Ahmadinejad berulang kali mengutuk Amerika Serikat dan mengatakan sejumlah negara menggunakan tragedi holocaust sebagai alasan "untuk membayar uang tebusan ... buat Zionis."
Delegasi Perancis, Jerman, dan Inggris termasuk di antara mereka yang walk out. Delegasi Kanada dan Israel sejak awal tidak hadir.
Dalam pidatonya itu, Ahmadinejad menyebut peristiwa 11 September 2001 sebagai serangan "misterius" dan mengatakan serangan itu menjadi alasan untuk perang yang dipimpin AS terhadap Afganistan dan Irak. Dia mengatakan Amerika Serikat menewaskan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, tetapi tidak menugaskan sebuah tim pencari fakta untuk menyelidiki "elemen tersembunyi yang terkandung dalam serangan 11 September".
Dia juga menyalahkan Amerika Serikat atas sejumlah masalah global, termasuk krisis keuangan. Ia mengkritik AS karena mendominasi "pembuatan kebijakan" dunia, belanja militer yang berlebihan, dan mencetak "triliunan dollar AS" yang memicu inflasi. Demikian menurut terjemahan bahasa Inggris dari pidatonya yang diberikan oleh delegasi Iran.
Ahmadinejad mengatakan, Pemerintah AS memandang zionisme sebagai "suci" dan bahwa "negara-negara Eropa masih menggunakan holocaust setelah enam dasawarsa peristiwa itu, sebagai alasan untuk membayar sebuah denda atau tebusan terhadap kaum Zionis."

TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar