Featured Video

Minggu, 09 Oktober 2011

Button Menang, Vettel Juara Dunia



Getty Images/Mark Thompson
Suzuka - Jenson Button memenangi balapan ketiganya musim ini setelah jadi yang tercepat di GP Jepang. Tetapi Sebastian Vettel tetap berpesta karena berhasil mempertahankan gelar juara dunia.
Kris Fathoni W - detiksport

Finis ketiga di Suzuka, Minggu (9/10/2011), sudah cukup buat Vettel untuk meraih gelar juara dunianya yang kedua secara beruntun. Raihan angka si driver Red Bull yang kini berjumlah 324 poin tak dapat dilewati para pesaingnya di empat seri sisa.

Button yang memenangi balapan ketiganya musim ini kini mengoleksi poin 210 berkat tambahan 25 poin di Suzuka. Alonso yang finis kedua sementara itu mendulang 202 poin.

Jalannya Balapan

Sebastian Vettel mendapat tekanan dari Button selepas start. Sukses lepas dari Jenson Button, Vettel langsung melesat.

Button sementara itu lantas malah harus rela dilewati rekan setimnya sendiri di McLaren, Lewis Hamilton, yang kini menempati posisi dua.

Di akhir lap satu, Vettel memimpin diikuti Hamilton dan Button. Felipe Massa dan Fernando Alonso melengkapi lima besar pembalap terdepan.

Menyusul start tersebut, lewat radio tim Button terdengar menilai Vettel layak mendapat penalti akibat start yang ia nilai terlampau agresif.

Memasuki lap lima, Vettel masih memimpin. Disebutkan, insiden pasca start yang melibatkan dirinya dengan Button tengah diselidiki steward.

Di posisi empat, Massa sedang terlibat persaingan dengan Alonso dan Mark Webber dalam berebut posisi empat. Ketiganya tidak terpaut terlalu jauh.

Pada lap tujuh, keputusan terkait Vettel-Button selepas start akhirnya muncul: steward memutuskan takkan ada tindakan lanjutan.

Button melewati Hamilton yang kemudian masuk pit pada lap sembilan. Hamilton terlihat melakukan pergantian ban dan kembali masuk ke lintasan pada posisi 11. Tampaknya ia mengalami masalah pada ban yang membuat lajunya melambat.

Vettel masuk pit satu lap kemudian. Ia juga melakukan pergantian ban dan bergabung pada posisi enam di lintasan. Button untuk sementara memimpin balapan.

Pada lap 11 Button memasuki pit diikuti Alonso. Button balik ke lintasan pada posisi tiga dengan Alonso berada tepat di belakangnya. Button, Alonso dan Hamilton kini berebut posisi tiga.

Memasuki lap 12, Massa memimpin balapan dengan diikuti Vettel. Tak lama kemudian giliran Massa masuk pit, membuatnya kemudian menempati posisi lima. Di lap ini Sebastien Buemi mengalami berakhir di gravel usai ban depan mobilnya copot.

Vettel masih memimpin balapan memasuki lap 15. Di belakangnya secara berturut-turut ada Button, Alonso, Hamilton, Massa dan Webber, dengan nama terakhir sedang dibuntuti Michael Schumacher.

Pada lap 20, Vettel memasuki pit lagi dan memasuki lintasan di posisi lima. Webber membuntuti tidak jauh di belakangnya. Button sementara itu mengambil alih pimpinan balapan diikuti Alonso dan Hamilton.

Button dan Vettel, yang beberapa saat sebelumnya juga menyambangi pit, kemudian terlibat duel berebut posisi empat pada lap 21.

Pada lap 22 mobil Hamilton dan Massa bersenggolan ringan ketika si driver Ferrari coba melakukan overtaking. Balapan sendiri kini tengah dipimpin Button dengan diikuti Vettel, menyusul masuk pitnya pembalap yang ada di depan mereka.

Safety car masuk ke lintasan pada lap 24, akibat adanya debris yang diduga berasal dari insiden antara Massa dengan Hamilton sebelumnya. Insiden itu sendiri dinyatakan sedang diselidiki steward.

Safety car akhirnya meninggalkan lintasan pada lap 28. Button kembali menempati posisi terdepan, diikuti Vettel. Alonso, Webber dan Massa melengkapi lima pembalap terdepan. Juga dinyatakan bahwa steward memutuskan takkan melakukan tindakan lanjutan terkait insiden Massa dengan Hamilton.

Pada lap 34 Vettel memasuki pit dan bergabung kembali di posisi 11. Alonso untuk sementara mengambil posisinya di tempat kedua di belakang Button.

Pada lap 42, Alonso terlibat duel sengit dengan Vettel yang berada tepat di belakangnya. Alonso saat itu berada di posisi dua di belakang Button.

Akhirnya posisi itu bertahan sampai bendera finis dikibarkan. Button memenangi GP Jepang, ditemani Alonso dan Vettel di podium.

Hasil balapan silakan baca di sini




( krs / rin ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar