Featured Video

Senin, 31 Oktober 2011

Cabai Rp30 Ribu Sekilo


Padang, Singgalang
Harga cabai kembali naik tinggi, sampai ke level Rp30.000/kg pada sesi perdagangan Minggu (30/10). Sehari sebelumnya Sabtu (29/10) harga telah naik Rp2.000/kg, dari posisi Jumat (28/10) seharga Rp28.000/kg.
Naiknya harga cabai cukup cepat tersebut, menurut Bendy, salah seorang pedagang Pasar Raya Padang, dikarenakan berkurangnya pasokan ke Pasar Raya Padang. Hujan yang kembali sering datang, menyebabkan petani enggan memetik cabai di ladang.
“Mereka takut busuk saat dikarungkan, karena cabai dalam keadaan basah. Bisa-bisa mereka rugi besar, jika tindakan nekat itu dilakukan,” katanya kepada Singgalang, Minggu (30/10).
Dikatakannya, cabai yang masuk ke Pasar Raya Padang sangat terbatas, terutama dari Jawa. Karena harganya mahal, banyak pedagang enggan menambah stok, dan lebih memilih menjual sisa cabai yang dibeli beberapa hari sebelumnya. “Saya untung saja membeli dalam jumlah banyak beberapa waktu kemaren. Lumayanlah untungnya, karena harganya jadi mahal,” kata Meri, pedagang cabai lainnya.
Ia sendiri berharap agar pasokan kembali banyak ke Pasar Raya Padang. Soalnya stok yang ada makin menipis juga, sehingga butuh cabai baru. (106)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar