Featured Video

Senin, 19 Maret 2012

Serangan Rudal Tewaskan 16 Pejuang Alqaidah Yaman


Rudal-rudal yang ditembakkan dari laut menghantam sejumlah posisi al Qaidah di kota Zinjibar, Yaman selatan, Ahad (18/3). Serangan rudal menewaskan sedikitnya 16 gerilyawan.

Pejabat setempat menyatakan pemboman mulai dilakukan pada tengah malam dengan sasaran daerah pinggiran timurlaut Zinjibar. Wilayah tersebut dikuasai kelompok pejuang al Qaidah sejak Mei setelah pertempuran sengit dengan pasukan pemerintah.
''Banyak pangkalan al Qaidah hancur dan 16 orang tewas,'' kata pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya itu. ''Serangan-serangan diluncurkan dari laut.''
Sejumlah saksi di kota terdekat Jaar mengatakan bahwa mayat 16 orang bersenjata dimakamkan di kuburan darurat di sebuah pabrik amunisi. Pasukan Yaman juga melancarkan serangan udara di daerah sebelah selatan Jaar. Sebuah markas al Qaidah lainnya menjadi sasarannya.
Sejak protes anti-pemerintah meletus di Yaman pada akhir Januari 2011, militan memanfaatkan melemahnya kekuasaan pusat dengan membangun pangkalan di sejumlah provinsi selatan. Pasukan keamanan Yaman selama beberapa bulan memerangi kelompok bersenjata yang dituduh sebagai anggota al Qaidah di Abyan, Yaman selatan. Khususnya ibu kota provinsi Abyan, Zinjibar, yang sebagian besar dikuasai oleh militan sejak Mei 2011.

Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara/AFP
http://www.republika.co.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar