Featured Video

Minggu, 12 Agustus 2012

Muhammadiyah Galang Donasi untuk Rohingya


Pembantaian muslim Rohingya oleh kelompok ekstrimis Budha dan pemerintah Myanmar mendapat kecaman dari Ormas Islam Muhammadiyah. Ada sembilan butir pernyataan sikap yang disampaikan Muhammadiyah Sumbar.


Ketua PWM Sumbar, Dasril Ilyas, kemarin (11/8) menyampai­kan 9 pernyataan sikap itu di hada­pan unsur pimpinan Muham­ma­diyah, dan Komite solidaritas dunia Islam (Kisdi) Muhammadiyah Sum­bar di Kantor PWM Sumbar, kom­plek Masid Taqwa Muhammadiyah Padang.

Salah satu poin itu meminta seluruh umat Hindu dan Buddha yang ada di Sumatera Barat untuk menghentikan segala bentuk ke­giatan yang bersifat umum sehingga umat Islam di Sumbar tidak ter­pancing amarahnya. Dasril men­jelaskan kegiatan yang dimaksudkan seperti kegiatan keagamaan dan semacamnya.

“Kita mengantisipasi umat Islam terpancing amarahnya kalau melihat umat Budha atau Hindu berkegiatan seperti kegiatan keagamaan. Jadi kita minta untuk tidak melakukan kegiatan yang mencolok hingga suasana kondusif,” ujarnya.

Selain itu, dalam pernyataan itu Muhammadiyah meminta pada umat Islam untuk membantu mus­lim Rohingya yang saat ini meng­ungsi di sejumlah daerah di Indonesia. Ketua Kisdi Muhammadiyah Sumbar, Bachtiar menjelaskan ada lima titik pengungsian muslim Myan­mar di Indonesia seperti Medan, Nusa Tenggara Timur, Sulsel, Riau, dan Kepri.

Bantuan bisa berupa uang dan lainnya. Untuk bantuan dana bisa mengirimkan ke nomor rekening Bank Syariah Mandiri 7040976587 atas nama Kisdi Muhammadiyah Sumbar. Pengalangan dana telah dilakukan sejak beberapa hari ini dan terkumpul sekitar Rp11 juta. Bantuan tersebut akan disalurkan ke PP Muhammadiyah.

“Umat Islam pasti geram melihat kejadian itu, tapi kita tidak perlu terpancing. Saat ini mari kita bantu kor­ban kekejaman itu,” ujarnya.



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar