Featured Video

Sabtu, 06 Oktober 2012

Ada Mata Raksasa di Ruang Angkasa


















Sepasang teleskop antariksa NASA telah menangkap foto spektakuler dari Nebula Helix. Foto baru yang memperlihatkan langit bercahaya, yang menyerupai mata kosmik raksasa.



Nebula Helix, yang juga dikenal sebagai NGC 7293, merupakan bintang sekarat yang dikenal sebagai planet Nebula. Foto ini menggabungkan data dari Spitzer Space Telescope milik NASA yang mengamati gelombang panjang cahaya inframerah dan Galaxy Evolution Explorer (GALEX) yang membaca gelombang pendek ultraviolet dari obyek.





Nebula Helix ini terletak sekitar 650 tahun cahaya dari bumi di kontelasi Aquarius. Ini memberi gambaran tentang matahari di masa depan, yang bisa berubah menjadi planetari Nebula sekitar lima miliar tahun mendatang.



Planetari Nebula adalah bintang-bintang seukuran matahari yang telah mendekati akhir hidupnya. Bintang besar itu kehabisan bahan bakar hidrogen dan helium untuk proses fusi pada inti bintang mereka. Pada titik ini, mereka membusungkan lapisan gas terluarnya ke dalam cangkang sinar di sekitar mereka. Lalu berkondensasi menjadi bintang kerdil putih.



Bintang kerdil putih ini terlihat dalam gambar sebagai titik putih kecil di tengah Nebula. Bintang ini memancarkan radiasi ultraviolet yang intens dan lapisan gas luarnya menyala secara bergiliran dalam gelombang panjang inframerah.



Dari foto yang terlihat, data GALEX ditampilkan dalam warna biru, sedangkan pengamatan Spitze Telescope diwakili dengan warna kuning. Sementara beberapa ruang latar belakang adalah data yang dikoleksi Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) NASA.

source : space.com and livescience.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar