Featured Video

Rabu, 24 Oktober 2012

Barcelona 2 Celtic 1


FOTO:AFP/Josep Lago
Barcelona - Barcelona tampil amat dominan dan menghasilkan banyak peluang saat menghadapi Celtic. Dengan catatan tersebut Andres Iniesta merasa sudah sepantasnya jika Barca memenangi laga itu.

Di laga itu, skuad Tito Vilanova ini mendominasi klub asal Liga Skotlandia itu dengan torehan statistik luar biasa.

Situs resmi UEFA mencatat Barca memiliki penguasaan bola hingga 90% dan melepaskan 26 tembakan dengan 13 di antaranya tepat sasaran. Celtic hanya mampu membukukan total empat peluang dengan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Walaupun demikian, The Bhoys tampil solid dalam bertahan sehingga membuat para pemain Barca frustrasi dalam mencari gol kemenangan. Pada akhirnya Jordi Alba tampil sebagai pahlawan Blaugrana lewat gol di akhir masa injury time yang memenangkan timnya 2-1.

"Tentu saja itu meninggalkan sebuah rasa yang hebat di mulut kami saat Anda memenangi pertandingan di masa akhir babak kedua," ucap Iniesta seperti dikutip dari Uefa.com

"Akan tidak adil jika kami tidak memenangi pertandingan ini dengan seluruh peluang yang sudah kami ciptakan," imbuh pemain tengah internasional Spanyol itu.

Sempat tertinggal lebih dahulu, Barcelona berhasil comeback untuk berbalik mengalahkan tamunya, Celtic 2-1. Kemenangan Barca ditentukan oleh Jordi Alba yang mencetak gol di penghujung laga.

Bertanding di Camp Nou, Rabu (24/10/2012) dinihari WIB, Barca seperti biasanya tampil mendominasi lawannya. Meski begitu, tim tamu lah yang justru mampu mencuri gol melalui Georgios Samaras.

Los Azulgrana baru mampu menyamakan kedudukan menjelang turun minum lewat Andres Iniesta untuk menutup paruh pertama dengan skor imbang 1-1.

Ketangguhan pertahanan Celtic membuat frustrasi pemain-pemain Barca di babak kedua. Sebelum akhirnya Alba memastikan tim tuan rumah membawa pulang angka penuh.

Dengan kemenangan ini, Barca tetap di posisi terats klasemen sementara Grup G dengan sembilan poin hasil tiga kali bertanding sedangkan Celtic berada di bawahnya dengan empat poin.

Jalannya Pertandingan
Peluang emas buat Barcelona di menit kedua. Andres Iniesta mengirim umpan terobosan namun tendangan Alexis Sanchez ke tiang jauh melebar tipis.

Peluang lagi Barcelona. Di menit 18, dari operan Xavi, Messi mencukil bola untuk menemui Marc Bartra namun tendangan volinya bisa diantisipasi kiper Fraser Forster.

Gol! Celtic ungguli Barca 1-0. Serangan balik cepat Celtic menghasilkan tendangan bebas. Bola tendangan Charlie Mulgrew disambut sundulan Samaras, bola lebih dahulu mengenai Javier Mascherano sebelum melewati Victor Valdes.

Messi! Empat menit kemudian gantian Barca memperoleh tendangan bebas. Eksekusi pemain Argentina itu melambung tipis saja dari mistar gawang Celtic.

Barca nyaris menciptakan gol balasan di menit 27. Umpan Sanchez dari luar kotak diteruskan Iniesta kepada Bartra. Sundulan dia dari jarak dekat melebar.

Gol balasan Barca akhirnya tercipta di menit 45. Lewat kerjasamanya dengan Xavi, Iniesta melepas tendangan mendatar yang menembus gawang Celtic. Skor 1-1.

Celtic menciptakan peluang pertama pasca restart. Di menit 54, menyambut umpan Mulgrew, sundulan Wanyama hanya bersarang di samping gawang Barca.

Gelombang serangan terus digulirkan Barcelona. Peluang terbaik terlahir di menit 68 lewat tendangan Messi dari jarak dekat yang bisa digagalkan oleh Forster.

Foster melakukan penyelamatan gemilang di menit 75 dengan menghalau sundulan Messi dari jarak dekat setelah menerima umpan cukilan dari Iniesta.

Di menit 82, Alex Song menyambut crossing di tiang dekat. Namun, Wanyama memantulkan bola untuk memaksakan sepak pojok.

Barca terus mengurung Celtic di pertahanannya sendiri. Namun hingga menit 90 skuad Tito Vilanova ini belum juga bisa menciptakan gol tambahan.

Memasuki masa injury time, Barca nyaris melahirkan gol keduanya. Sepakan David Villa melewati Froster namun mengenai tiang jauh.

Gol! Barcelona berbalik unggul 2-1 atas Celtic di akhir masa injury time. Crossing Adriano menemui Jordi Alba di tiang jauh dan diselesaikan dengan sontekan.

Peluit panjang wasit tanda pertandingan berakhir dibunyikan, Barcelona berhak atas kemenangan 2-1 atas Celtic

Susunan Pemain:
BARCELONA: Valdes, Adriano, Bartra, Mascherano, Alba, Xavi, Song, Iniesta, Pedro (Tello 76), Messi, Sanchez (Villa 80)

CELTIC: Forster, Lustig, Wilson, Ambrose, Izaguirre, Ledley, Brown (Commons 63), Wanyama, Mulgrew (Kayal 76), Samaras (Forrest 43), Hooper.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar