Featured Video

Kamis, 03 Januari 2013

Resolusi Tekno di Tahun Baru



(Ist/Mashable)
Jakarta - Di awal tahun kita umumnya menyiapkan diri, atau berharap segala hal yang lebih baik. Resolusi biasanya fokus pada diet, kesehatan, atau keseimbangan antara keluarga dan karir. 


Mengingat kian akrabnya penggunaan gadget dan teknologi di masa sekarang, tidak ada salahnya menambah fokus resolusi Anda ke hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. 

Misalnya, merampungkan tugas-tugas seperti digitalisasi foto atau membersihkan inbox. Tujuannya, agar Anda lebih terorganisir dan 'rapi' di sepanjang tahun yang baru. 

Nah, berikut adalah 8 resolusi sederhana berkaitan dengan teknologi, seperti dilansir Mashable dan dikutipdetikINET, Kamis (2/1/2013). 

1. Membersihkan keyboard. Setelah setahun berlaku 'semena-mena', makan di meja kerja misalnya, siapa tahu ada remah-remah atau sampah tak terlihat mengotori keyboard. 

Kini saatnya membersihkan si keyboard. Gunakan penyedot debu khusus keyboard untuk menyingkirkan kotoran dan debu, lalu lap hingga tampak baru kembali. 

2. Digitalisasi foto. Tak perlu lagi menyimpan puluhan kotak sepatu bekas untuk menyimpan foto kenangan. Bersihkan lemari Anda, dan transfer foto-foto tersebut ke dalam bentuk file digital. 

Anda bisa menaruh foto di layanan penyimpanan foto online, atau jika memang masih ingin melihat bentuk cetaknya, Anda bisa mencetaknya dalam album foto. Setidaknya, koleksi foto-foto Anda akan terlihat lebih rapi.

3. 'Bersih-bersih' email. Bagi sebagian orang, mungkin ini adalah pekerjaan sulit di tengah kesibukan. Tapi jika email Anda dibiarkan penuh, inbox akan berantakan dan memusingkan melihatnya. 

Di Tahun Baru, berjanjilah pada diri sendiri untuk meluangkan sedikit waktu setiap hari, khusus menghapus email lama. Anda akan merasakan manfaat dari kebiasaan bagus ini. 

4. Cek lagi pengaturan privasi jejaring sosial. Banyak pengguna jejaring sosial mengeluhkan masalah privasi. Coba luangkan waktu untuk mengecek lagi pengaturan akun jejaring sosial Anda. Pastikan informasi yang diposting adalah memang untuk publik. 

5. Bersihkan jejak digital. Misalnya, ingat blog pertama yang Anda buat? Anda memposting beberapa tulisan, namun kemudian tidak pernah log in lagi. Pastikan jika calon bos dari sebuah perusahaan mencari tahu tentang Anda di Google, semua konten yang tampil sesuai dan relevan. 

Deactivate saja akun lama yang tidak dipakai lagi. Jika masih merasa sayang dengan sejumlah postingan di dalamnya, Anda bisa membackupnya terlebih dahulu.

6. Hapus aplikasi yang tidak perlu. Coba cek ponsel atau tablet Anda, ada berapa banyak aplikasi yang berbulan-bulan tidak dipakai? Lebih baik hapus saja aplikasi tersebut, agar tidak 'memakan' tempat di perangkat Anda. 

Hal yang sama juga bisa dilakukan terhadap file di komputer. Hapus semua file yang tidak diperlukan agar komputer lebih 'lapang'. 

7. Kurangi pemakaian kertas. Jika Anda punya laptop, tablet atau perangkat mobile, seharusnya Anda bisa mengakses dokumen atau tagihan dari mana saja. Scan dokumen lama, kemudian convert ke format digital agar aman. Atau setidaknya, ini bisa menjadi backup dokumen Anda. 

8. Lebih sering bersosialisasi. Keasyikan bermain gadget kadang menjadi masalah karena bisa membuat orang lupa dengan sekitarnya. Sebesar apapun cinta Anda pada gadget, tetap penting untuk terlibat dalam interaksi dengan sesama manusia di dunia nyata. Anda pun seharusnya menghriup udara luar, jangan hanya terpaku pada gadget sepanjang hari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar