Featured Video

Senin, 26 September 2011

Menonton Pacuan Kuda Ambal, Kebumen


Pacuan Kuda Ambal, Kebumen

Pacuan Kuda Ambal, Kebumen

FOTO SELENGKAPNYA:
Liburan saat Hari Raya Idul Fitri kemarin, saya menyempatkan diri berjalan-jalan ke berbagai tempat wisata di Kabupaten Kebumen. Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah Pantai Ambal, Kebumen,
di sana selain terkenal dengan pemandangan pantainya yang indah juga dikenal dengan adanya atraksi pacuan kuda yang sudah berlangsung turun temurun dari tahun ke tahun.
Selain jalan-jalan tujuan saya ke tempat ini untuk mencari peluang bisnis online tanpa ribet dan blak-blakan. Di akhir posting ini akan saya berikan beberapa foto pertandingan pacuan kuda di Ambal, Kebumen yang saya tonton kemarin. Namun, sebelum itu saya jelaskan dulu beberapa hal terkait dengan pacuan kuda agar kita makin paham tentang olahraga ini.
Bentuk Pacuan Kuda

Pacuan kuda di dunia dibagi menjadi dua, yaitu Toroughbred Race dan Harness Race. Toroughbred adalah pacuan kuda biasa di mana dibagi menjadi dua bagian lagi, yakni Flat Race (pacuan bisa) dan Jumping Race (pacuan dengan menggunakan rintangan). Harness Race adalah pacuan kuda dengan menggunakan kereta. Harness lebih terkenal di daerah Canada dan beberapa daerah di Eropa. Di Indonesia, tidak banyak lintasan Pacuan Kuda yang sesuai standard. Salah satu lapangan pacuan kuda yang cukup terkenal adalah Lapangan Pacuan Pulo Mas dan Kenjeran, Surabaya.
Tingkatan dan Umur pada Pacuan Kuda
Pacuan kuda memiliki tingkat sendiri disetiap lombanya. Dan, untuk berlaga di tingkat selanjutnya, kuda harus masuk posisi lima besar pada tingkat sebelumnya. Tingkatannya adalah Maiden Race (balapan untuk kuda pemula), Class D (berada 1 tingkat diatas Maiden Race), Class C (berada 1 tingkat diatas Class D), Class B, Class A, Grade III, Grade II, dan Grade I (Merupakan tingkatan tertinggi dalam pacuan. Grade I Race pesertanya minimal telah masuk Grade III dan Grade I dibagi menjadi dua, yakni untuk kuda lokal dan untuk internasional).

Sedangkan umur untuk mengikuti lomba Flat Race (Jumping Race tinggal ditambah 1 tahun) adalah 2 tahun (mulai dapat mengikuti Maiden Race dan memiliki Grade I Race khusus untuk kuda muda), 3 tahun (bagi kuda yang sukses di umur 2 tahun, dapat mengikuti kejuaraan 3 Grade I Race utama untuk kuda 3 tahun),  4 tahun (masa transisi, di sini kuda sudah harus melawan yang lebih tua dari dirinya. Kebanyakan kuda-kuda umur 4 tahun kalah ditangan kuda-kuda yang berumur 5 tahun yang telah matang baik skill maupun usia), 5 tahun (masa emas bagi seekor kuda pacu), dan 6 tahun (masa menurun, biasanya kuda-kuda hebat mulai pensiun dan membuat keturunan saat kondisinya masih bagus). Pada umumnya, kuda maksimal mengikuti lomba hingga berusia 8 tahun.
Pacuan Kuda di Ambal, Kebumen

Pacuan kuda tersebut diadakan di Lapangan Pacuan Kuda, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Meski dengan sarana dan prasarana yang tidak terlalu mewah tapi acara tersebut boleh dibilang sangat meriah dengan dukungan ribuan penonton setiap hari (selama seminggu setelah lebaran). Pacuan kuda adalah lomba di mana seorang joki mengendarai atau menunggangi kuda untuk mencapai garis finish secepatnya dengan lintasan yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar