Featured Video

Jumat, 14 Oktober 2011

Pasar Atas dan Pasar Bawah Bakal Dibangun Kembali


BUKITTINGGI, HALUAN—Pasar Atas dan Pasar Bawah, direncakan Pemko Bukittinggi akan dibangun kembali. Masalahnya, bangunan yang ada sudah tua. Selain itu, bangunan tersebut juga sudah dua kali terbakar serta dua kali dihantam gempa hebat tahun 2007 dan 2009 lalu.

Selain itu, Pasar Atas dan Pasar Bawah juga dinilai telah sempit. Karena lokasi pasar tersebut dekat dengan lokasi parkir dan Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK).
“Hari ini kita membicarakan rencana tata ruang lingkungan Pasar Atas dan Pasar Bawah yang akan dibangun dengan kon­sultan,” kata Sekdako Bukit­tinggi Yuen Karnova ketika membuka acara itu di TUP Wako, Kamis (13/10).
Perencanaan tata ruang Pasar Atas dan Pasar Bawah itu juga dihadiri Ketua Komisi A DPRD M Idris, Ketua Komisi B DPRD Yontrimansyah, serta seluruh pengurus dan asosiasi pasar yang ada di Bukittinggi.
Dalam paparan oleh konsultan itu digambarkan, Pasar Atas dan Pasar Bawah akan dibangun tujuh tingkat dengan lokasi parkir yang representative. TMSBK juga rencananya akan dipindahkan dari lokasi sekarang yang persis berada di Pasar Atas.
Menanggapi rencana tata ruang Pasar Atas dan Pasar Bawah itu, Ketua Komisi A M Idris menilai apa yang
dipaparkan konsultan tersebut sama dengan Perda RT/RW yang telah disyahkan DPRD beberapa waktu lalu.
“Tapi masyarakat pedagang jangan khawatir dan takut dengan adanya rencana pembangunan Pasar Atas dan Pasar Bawah tersebut. Karena apa yang disam­paikan konsultan itu baru wacana. Tentu keputusanya juga kami di DPRD yang menentukan,” kata M Idris.
Sementara itu, salah seorang pedagang Pasar Atas, Bos Martin, saat dimintai tanggapannya oleh Haluan mengatakan, silahkan saja pemko membangun Pasar Atas dan Pasar Bawah, apakah dengan dana APBD atau dana pihak ketiga. Dengan syarat harus ada persetujuan dengan pedagang.
“Jangan nantinya terkesan ada pemaksaan dengan berbagai cara untuk memindahkan pe­dagang Pasar Atas dan Pasar Bawah,” harapnya. (h/jon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar