Featured Video

Rabu, 12 Oktober 2011

UNAND TENTUKAN REKTOR HARI INI


PADANG, HALUAN — Uni­versitas Andalas (Unand) akan menentukan rektor baru meng­gantikan Plt. Febrin Anas hari ini, Rabu (12/10). Menurut Ketua Pemilihan Rektor Prof Dr Elvi Sahlan Ben, pemilihan akan langsung pada voting, tidak lagi menyam­pai­kan visi dan misi, seperti pemilihan sebelumnya.

“Ini pemilihan final,” ujarnya. pemilihan yang rencananya akan dilangsungkan pada pukul 08.00 WIB itu mengakomodir suara senat 65 persen dan suara mentri 35 persen.
Menurut Elvi, suara mentri diwakili oleh Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikti Prof Supriadi Rustad, semen­tara senat universitas berjumlah 161 orang, yang memiliki hak suara untuk melakukan pemilihan. Namun belum bisa dipastikan apakah semua senat memberikan suaranya pada pemi­lihan itu.
Tiga calon rektor yang akan dipilih antara lain Edison Munaf (FMIPA), Werry Darta Taifur (FE), dan Helmi (FPertanian). Ketiga calon ini telah melewati dua seleksi sebelumnya, yaitu di tingkat dosen dan senat.
Lebih jauh Elvi, pemilihan ini akan menentukan rektor Unand periode 2011-2015. “Suara senat ditambah utusan menteri adalah pemenangnya,” katanya.
Elvi belum bisa memastikan apakah suara senat persis sama dalam pemilihan sebelumnya yang me­nempatkan Werry meraih perolehan suara terbanyak (42), Edison Munaf (40), dan Helmi (28). “Tidak bisa dipastikan, suara senat sulit dipre­diksi,” katanya.
Salah seorang calon rektor Edison Munaf mengatakan, pemilihan tidak lagi berpatokan pada kalah atau menang. “Semuanya harus bantu untuk kemajuan Unand, termasuk yang kalah,” katanya. Menurutnya, tujuan diadakan pemilihan rektor untuk kemajuan, tidak hanya mencari kalah-menang. (h/adk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar