Featured Video

Kamis, 24 November 2011

Clooney dan Ronaldo dipanggil sebagai saksi


Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (FOTO.ANTARA/REUTERS/Andrea Comas )

Milan - Pengadilan Italia pada Rabu mengatakan kalau mereka dapat memanggil George Clooney dan Cristiano Ronaldo sebagai saksi dalam kasus hubungan seksual Silvio Berlusconi dengan pelacur di bawah umur.

Pengacara Berlusconi menginginkan Clooney dan Ronaldo untuk membantu agar kliennya terhindar dari dakwaan telah melakukan hubungan seksual dengan perempuan berusia 17 tahun, dan kemudian menekan pihak kepolisian agar membebaskan perempuan tersebut dari tahanan, lapor AFP.

Baik Clooney maupun Ronaldo disebut-sebut telah mendiskreditkan perempuan tersebut. Karima El Mahroug, yang lebih dikenal dengan nama panggung `Ruby si pencuri hati,` mengklaim kalau Clooney berada di pesta cabul yang ia hadiri, dan mengatakan kalau dirinya telah berhubungan seksual dengan Ronaldo.

Clooney telah menyangkal klaim tersebut, dan berkata kalau ia siap memberi kesaksian.

Ronaldo menyebut pernyataan El Mahroug sebagai `sesuatu yang sangat keliru.`

Kedua pesohor tersebut, bersama 78 saksi-saksi lainnya termasuk mantan menteri pemerintahan, penyanyi Neapolitan dan dua bintang muda dipanggil untuk memberi kesaksian, mengacu pada daftar yang dirilis pada Rabu, demikian dinyatakan oleh pejabat pengadilan.

Jaksa penuntut memanggil sebanyak 136 saksi termasuk El Mahroug dan 32 perempuan lainnya yang menghadiri pesta di villa mewah milik Berlusconi, di mana hubungan seksual dengan perempuan di bawah umur diduga telah terjadi.

Dalam penyelidikan polisi, El Mahroug menyebut pesta tersebut sebagai pesta `Bunga Bunga` yang menampilkan sekelompok perempuan telanjang yang melakukan lap dance pada Berlusconi.

Berlusconi menghadapi hukuman maksimal tiga tahun di penjara atas kegiatan seks tersebut dan 12 tahun karena menyalah gunakan kekuasaan, setelah ia diduga menggunakan kekuasaannya di kantor untuk melepaskan El Mahroug ketika perempuan tersebut ditahan untuk kasus lain.

Para pejabat pengadilan di Milan mengatakan, hakim akan memutuskan kasus- demi-kasus dengan dasar apakah saksi khusus akan dipanggil didasarkan pada perkembanganproses persidangan, yang telah dimulai sejak April namun masih terjebak dalam hal-hal prosedural.

"Biasanya jika mereka dipanggil, mereka harus datang. Tapi jika mereka tidak datang, kami tidak akan memanggil polisi untuk mendatangkan mereka," kata pejabat pengadilan tersebut.

Sidang dengar pendapat selanjutnya akan diadakan pada 2 Desember, di mana saksi-saksi pertama dipanggil. Saksi-saksi tersebut adalah petugas-petugas kepolisian yang akan memberikan kesaksian untuk masalah penyalah gunaan kekuasaan.

Sidang selanjutnya akan dilangsungkan pada 12 Desember, 27 Januari, dan 30 Januari. 

Clooney telah membantah kalau dirinya menghadiri pesta cabul yang diadakan Berlusconi. Meski demikian, ia berkata pada majalah Time di awal bulan, bahwa salah satu pesta yang ia hadiri merupakan `salah satu malam menakjubkan dalam hidupku.`

Clooney mengatakan kalau ia telah dipanggil oleh pengacara Berlusconi dan berkata pada mereka: "Saya akan datang dan bersaksi hanya jika anda menyukainya, sebab saya tidak berada di pesta itu seperti yang telah saya katakan sebelumnya."

"Saya tidak datang di pesta bunga-bunganya. Namun saya menghadiri pesta lain, saya pergi ke sana untuk berbicara mengenai Darfur. Itu adalah pembicaraan yang menyenangkan. Ia memperlihatkan kamar tidurnya pada saya, dan tempat tidur yang diberikan oleh Putin padanya," kata Clooney.

Berlusconi mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Italia di awal bulan, dan sudah dapat memakai urusan negara sebagai alasan untuk menghindari sidang dengar pendapat untuk tiga dakwaan yang tertuju padanya, termasuk masalah penghindaran pajak dan penyuapan. 

Namun ia masih anggota parlemen, dan masih memiliki imunitas parlemen. Imunitas tersebut hanya dapat dicabut oleh proses voting legislator.

Meski nanti terbukti bersalah, kemungkinan ia tidak akan menjalani hukuman di penjara, sebab orang-orang berusia di atas 70 tahun tidak umum dipenjara, kecuali untuk kasus pembunuhan dan kejahatan obat-obatan.

Di antara saksi-saksi yang dipanggil untuk membela Berlusconi adalah model Argentina, Belen Rodriguez, mantan kekasih Clooney, Elisabetta Canalis, dan mantan menteri luar negeri, Franco Frattini.

Berlusconi berkata kalau ia meminta polisi membebaskan El Mahroug ketika ia ditahan untuk kasus pencurian kecil, sebab ia berpikir kalau El Mahroug merupakan keponakan mantan presiden Mesir, Hosni Mubarak, dan tidak ingin terjadi masalah diplomatik. 

Jaksa penuntut mengatakan Berlusconi telah mewaspadai identitas asli El Mahroug, dan menyatakan bahwa dirinya berpura-pura takut dengan ancaman perempuan tersebut yang akan memberitahukan hubungan mereka pada polisi. (RF/A016)
Editor: B Kunto Wibisono  ant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar