Featured Video

Minggu, 20 November 2011

INDONESIA DIPASTIKAN JUARA UMUM


JAKARTA,  Indonesia dipastikan sudah meraih juara umum SEA Games XXVI Tahun 2011 de­ngan telah meraih 140 medali emas. Posisi juru kunci, kini ditem­pati Brunei Darus­sa­lam. Negeri Sultan Hal­sanah Bolkiah ini  dile­wati Timor Leste yang ber­hasil meraih seke­ping emas dari cabang bela­diri Kempo.

Hawa juara terasa makin mendekat, sete­lah republik ini terakhir menjadi raja olahraga Asia Tenggara pada tahun 1997, saat menjadi tuan rumah SEA Games 19 di Jakarta. Setelah itu, keperkasaan Indonesia seolah sirna seiring pergantian penguasa. Tahun 1999, pada SEA Games 20 di Brunei, Indonesia berada di posisi tiga, di bawah Thailand dan Malaysia dengan mengoleksi 44 keping medali emas saja. Dua tahun kemudian saat pelak­sanaan SEA Games ke 21, lagi-lagi merah putih takluk di posisi tiga, di bawah Malaysia yang jadi tuan rumah dan Thailand. Indonesia Cuma mampu mengumpulkan 72 medali emas.
Tahun 2003,  saat Vietnam jadi tuan tumah, Indonesia tetap tak mampu kembali ke puncak. Dengan perkasa, negeri Ho Chi Minh ini menggondol juara umum, disusul Thailand. Indonesia sendiri tetap tertahan di posisi tiga dengan perolehan 55 medali emas
Tahun 2005, Filipina mengambil alih kuasa olahraga Asia Tenggara saat menjadi tuan rumah SEA Games ke 23. Indonesia, malah melorot hingga ke posisi lima dengan 49 emas, di bawah Filipina, Thailand, Vietnam dan Malaysia.
Pada pelaksanaan SEA Games ke 24 tahun 2007 di Nakhon Rat­chasima, Thailand, posisi Indo­nesia naik satu strip ke posisi empat dengan perolehan 56 medali emas. Kali ini Thailand menunjukkan keperkasaannya dengan tampil sebagai juara umum, diikuti Malaysia dan Vietnam.
Indonesia makin membaik pada pelaksanaan SEA Games 25 tahun 2009 di Laos dengan kembali berada di posisi tiga, di bawah Thailand, Vietnam. Indonesia mengumpulkan 43 medali emas
Sulit Terkejar
Perolehan medali emas Indonesia sulit terkejar oleh 10 negara peserta SEA Games lainnya. Hingga Sabtu ini, sudah 434 emas direbut 11 negara dari total 545 medali emas yang diperebutkan. Artinya, tinggal 101 emas lagi yang akan diperebutkan pada tiga hari ke depan.
Ketua KONI/KOI Rita Subowo sebelumnya sudah menyatakan, jika Indonesia sudah meraih 136 medali emas, maka Indonesia sudah dipas­tikan juara umum SEA Games di Palembang-Jakarta. Selain 140 emas, Indonesia kini sudah mengoleksi 112 perak dan 103 perunggu.
Thailand menjelang tiga hari penutupan SEA Games kembali mengambil alih posisi nomor kedua dari Vietnam. Thailand kini men­dapat 85 emas, 76 perak dan 93 perunggu. Sedangkan Vietnam, 80 emas, 77 perak dan 82 perunggu.
Brunei dan Timor Leste sejak hari pertama SEA Games dibuka selalu berada diurutan paling buncit. Timor Leste yang sudah sembilan hari menjadi juru kunci, pada hari Sabtu ini bangkit setelah berhasil mengalahkan atlet Kempo Indonesia. Sehingga Timor Leste meraup 1 emas, 1 perak dan 4 perungu.
Kendati demikian, Rita Soebowo meminta semua pihak untuk tetap siaga dan fokus dalam perebutan medali emas menjelang berakhir SEA Games XXVI di Palembang dan Jakarta, 22 November nanti.
“Semua harus tetap siaga dan semangat dalam merebut prestasi tertinggi, SEA Games belum ber­akhir dan harus tetap fokus,” kata Rita di Palembang, Sabtu.
Menurut dia, hasil sementara perolehan medali Indonesia telah sesuai dengan jalur. “Kondisi terakhir medali yang didapatkan memang bisa membawa Indonesia menjadi juara umum. Indonesia telah melewati jumlah 130 medali emas, saya berharap tidak terjadi apa-apa pada hari-hari terakhir ini,” kata dia.
Dia pun mengharapkan dukungan dari masyarakat kepada atlet yang sedang berjuang untuk tetap di­berikan. “Kita tunggu saja, SEA Games hampir berakhir, dan pada hari Selasa (22/11) nanti sudah penutupan. Kita doakan saja semoga target menjadi juara umum benar-benar tercapai,” kata dia lagi.
Dia menambahkan, persiapan atlet telah dilakukan lebih awal diban­dingkan SEA Games sebelumnya untuk pelaksanaan kali ini. “Me­mang atlet telah disiapkan lebih awal dengan segala keterbatasan yang ada. Meskipun demikian, pemerintah telah mengalokasikan bonus bagi atlet yang berhasil meraih medali pada SEA Games kali ini,” ujar Rita.
Ia pun berharap dukungan pemerintah itu terus berlanjut hingga SEA Games usai. “Masih banyak ajang olahraga taraf internasional ke depan, seperti Asian Games, Olimpiade, dan lainnya. Saya harap dukungan pemerintah tidak terhenti sampai di sini, dan bagi atlet harus terus berlatih untuk mencapai prestasi pada jenjang yang lebih tinggi lagi,” kata dia.
Sepanjang Sabtu (19/11) kemarin, kontingen merah putih meraup 15 medali emas. Thailand yang sebelum­nya disalip Vietnam, kembali ber­tengger ke posisi kedua. Pengum­pulan medali negeri gajah putih ini mengungguli Indonesia pada laga Sabtu itu, dengan 16 emas.  Vietnam harus merelakan tempat keduanya dijarah kembali oleh Thailand karena hanya mampu meraih Sem­bilan emas sepanjang Sabtu. (h/mat/ant)haluan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar