Featured Video

Minggu, 20 November 2011

Nusantara Online Menjelma ke Ensiklopedia Digital



Nusantara Online (eno/inet)
Jakarta - Nusantara Online yang selama ini dikenal sebagai game online, ternyata juga dibuat dalam versi ensiklopedia. Tak ubahnya dengan versi game, di dalamnya pengguna juga disajikan sejarah seputar kerajaan di Indonesia.

Ensiklopedia itu dituangkan dalam bentuk interaktif berbasis flash. Tampilannya terlihat sederhana, diiringi oleh musik gamelan era tempo dulu.

Ketika dijajal detikINET, Kamis (17/11/2011), dalam ensiklopedia yang dikemas dalam CD itu ada beberapa menu utama seputar kerajaan Majapahit.

Misalnya saja menu sejarah. Di dalamnya berisikan sejumlah tokoh yang berperan penting dalam masa kejayaan Majapahit, sebut saja Gajah mada, Gayam wuruk, Raden Wijaya dan 9 tokoh lainnya.

Kemudian ada lagi menu manusia dan lingkungan, bisa dibilang ini merupakan bagian paling menarik dari seluruh isi ensiklopedia. 

Di dalamnya ada sosial ekonomi, yang isinya menceritakan kondisi ekonomi di masa itu lengkap dengan mata uang dan kondisi pasar. Ditambah lagi sisi lingkungan yang menggambarkan seperti apa tata kota, sanitasi, dan arsitektur masa itu.

Ensiklopedia hasil kerjasama Telegraph dan Telkom ini rencananya akan segera dipasarkan ke beberapa toko buku dengan kisaran harga Rp 10 ribu. Sayang, belum bisa dipastikan kapan produk ini bisa dibeli. detikinet




( eno / ash ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar