Featured Video

Selasa, 15 November 2011

Kemewahan Hidup Anak Dan Istri Pejabat


Jakarta - Perilaku pejabat yang hedon dan hidup bermewah-mewahan mendapat sorotan masyarakat. Tidak hanya itu, seringkali pula istri dan anak pejabat juga hidup mewah menghambur-hamburkan uang milik suami dan ayah mereka yang entah didapat dari mana.


"Banyak istri dan akan pejabat yang juga hidup mewah. Kalau uang mudah didapat, mudah juga mengalirnya," ujar sosiolog UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Musni Umar kepada detikcom, Selasa (15/11/2011).

Gaya hidup istri yang hobi belanja ke luar negeri, arisan kalung berlian hingga langganan butik terkenal, ini bisa mendorong seorang pejabat korupsi. Ditambah gaya hidup anaknya yang hobi gonta-ganti mobil mewah, makin terjerumuslah seorang pejabat negara untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

"Dengan gaya hidup seperti itu uang gaji belum tentu cukup. Mereka pun terpaksa melakukan hal yang melanggar hukum," lanjut Musni.

Musni menilai gaya hidup pejabat yang hedon dan bermewah-mewahan sama sekali tidak cocok di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya masih susah. Apalagi jika uang tersebut merupakan hasil korupsi.

"Ini perlu ada pembuktian terbalik. Pejabat yang dicurigai bisa disuruh membuktikan darimana dia mendapat kekayaan sebesar itu. Jika tidak bisa menunjukkan, kekayaan itu bisa disita oleh negara," tuturnya.


(rdf/lia)(detiknews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar