Featured Video

Selasa, 05 Juni 2012

Juara bertahan absen di Tour De Singkarak




Juara bertahan kejuaraan internasional balap sepeda Tour de Singkarak (TdS), Amir Zargari, dari Tim Azad University Iran absen pada kejuaraan bergengsi yang digelar keempat kalinya di Sumatra Barat, 4-10 Juni 2012.


Selain juara umum, pembalap yang absen pada kejuaraan yang diprakarsai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini adalah King of Mountain TdS 2011, Golakhaur Paurseyedi yang juga dari Tim Azad University dan King of Sprint, Jang Chan Jae.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh panitia TdS 2012 di Padang, Sabtu, meski juara bertahan dan King of Mountain (Raja Tanjakan) 2011 absen tetapi timnya tetap turun, hanya saja dengan formasi pembalap yang berbeda.

Pada kejuaraan yang telah masuk kalender Union Cycling Internationale (UCI) ini diikuti 25 tim yang terdiri dari 16 tim asing yaitu Aisan Racing Team Jepang, Azad University Team Iran, OCBC Singapore, Genesys Wealth Advisers Profesional Australia, Uzbekistan Suren Team, Antangin Eddy Hollands Australia.

Selanjutnya Action Cycling Team Taiwan, Colossi Miche Team New Zealand, CCN Cycling Team Brunei, Trengganu Cycling Team Malaysia, Global Cycling Team Belanda, Plan B Racing Team Australia, Australia National Team, Japan Cycling Federation, Reine Blanche Prancis dan Mess Kermen Iran.

Sedangkan sembilan tim Indonesia adalah WSP Yogjakarta, Cikes Cycling Team, Custom Cycling Club, Polygon Sweet Nice, Binong Baru Pessel, Araya, Tuah Sakato Cycling Team serta PSN Gilas.

Guna mendukung kelancaran dalam pelaksanaan TdS 2012, Daihatsu kembali terpilih menjadi official carTour de Singkarak 2012. Sedikitnya 28 kendaraan dipinjamkan selama gelaran kejuaraan yang juga ditangani oleh Amaury Sport Organisation (ASO) ini.

Serah terima kendaraan ini dilakukan langsung oleh Research & Development Executive Officer SDM Pradipto Sugondo kepada Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, M. Faried Moertolo dan disaksikan Walikota Padang, Fauzi Bahar.

"Tahun ini adalah kerjasama kami yang kedua. Kerjasama ini merupakan salah satu kepedulian pada pengembangan olahraga balap sepeda serta pengembangan pariwisata terutama di Sumatra Barat," kata Pradipto Sugondo di sela penyerahan kendaraan.

Sementara itu Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, M. Faried Moertolo dipilihnya Daihatsu bukan tanpa alasan yang salah satunya produk kendaraan ini dinilai tepat untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Event ini adalah media promosi baik untuk wisata maupun UKM. Jadi harus bisa dimaksimalkan sebaik-baiknya," katanya.

Tour de Singkarak 2012 menempuh jarak 854 km yang terbagi dalam tujuh etape. Pada tahun-tahun sebelumnya, kejuaraan internasional ini start di Kota Padang, tetapi untuk 2012, start di lakukan di Kota Sawahlunto. Balapan ini juga akan melalui beberapa lokasi wisata diantaranya Bukittinggi, Danau Maninjau dan Singkarak serta tanjakan tertinggi yaitu Kelok 44.
(ANT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar