Featured Video

Jumat, 30 September 2011

2 Siswa MAN Koto Baru Lulus di Al Azhar

Pd.Panjang, Singgalang
MAN Koto Baru Padang Panjang kembali menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu madrasah terbaik di Sumatra Barat. Hal itu dibuktikan dengan lulus (diterimanya) dua orang siswa madrasah tersebut di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.


‘’Alhamdulillah, dua orang siswa kita tahun 2011 ini diterima di Universitas Al-Azhar Mesir. Ini membuktikan bahwa siswa MAN Koto Baru masih bisa bersaing masuk universitas ternama tersebut,’’ kata Kepala MAN Koto Baru Syukri kepada Singgalang di Padang Panjang, Kamis (29/9) kemarin.
Syukri menyebutkan, dua orang siswanya yang berhasil lulus di Universitas Al Azhar itu adalah Riri Hanifah Wildani (warga Padang Panjang) dan Syukri Mauludi (warga Simpang Tiga Kenanga Kota Payakumbuh). Keduanya merupakan siswa jurusan program unggulan keagamaan, yang buku rujukannya kitab-kitab berbahasa Arab.
Bagi MAN Koto Baru, ini bukanlah kali pertama siswanya diterima di Al Azhar ataupun perguruan tinggi di Timur Tengah lainnya, tetapi sudah berlangsung sejak lama.
Menurut Syukri, setiap tahun ada siswanya yang diterima di Timur Tengah, khususnya Al Azhar. ‘’Jurusan Program Unggulan Keagamaan ini memang khusus untuk kita siapkan bagi siswa yang akan melanjutkan ke Timur Tengah,’’ ujarnya.
Pada tahun 2011 ini, lanjut Syukri, siswa yang mengikuti tes masuk ke Al Azhar sebanyak 6 orang. Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah tersebut jauh lebih sedikit. Tahun 2010 lalu tersebut siswa yang tes mencapai 20 orang.
‘’Tahun ini jauh lebih sedikit disebabkan pelaksanaan tes masuk Al Azhar itu terlambat dari biasanya, sehingga banyak siswa kita yang sudah kuliah di Perguruan Tinggi lain. Mudah-mudahan saja tahun depan jumlahnya kembali lebih banyak,’’ harapnya. (205)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar