Featured Video

Sabtu, 04 Februari 2012

PELATIH SUMBAR DIGEMBLENG MENTOR AUSTRALIA


PADANG,  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Univer­sitas Negeri Padang (UNP) akan menggelar Penataran Pelatih Le­vel 1, 17-21 Februari men­datang.
Kegiatan ini dikabarkan akan menghadirkan pelatih berkelas dunia yakni Robert John Ballard, dan Dr Greg J Wilson Ph.D dari ASCA (Australia Strength Con­ditioning Association).

Materi pelatihan difokuskan pada Training Theory, Coaching Theory, Speed Development, Strength Development, Endurance, Flexibility, Planning of Training, Assessment of the Athlete, Injury Prevention, Management and Rehabilitation, Nutrition and Drugs in Sport, Recovery Methods, Special Popu­lations, Risk Mana­gement and Legal and Ethical Issues.
Pelatih yang lulus, nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatih internasional level 1, yang diterbitkan langsung oleh ASCA. Peserta tidak saja dari Sumatera Barat, juga diikuti provinsi lainnya di pulau Sumatera, sementara quota dibatasi hanya untuk 30 peserta.
“Kesempatan Kursus pela­tihan ini sebaiknya dimanfaatkan oleh pelatih kita, karena akre­ditasi pelatih  harus dipenuhi oleh setiap pelatih dan harus lulus terlebih dahulu jika ingin berke­cimpung dalam dunia kepela­tihan, apalagi ini berlebel inter­nasional,” ujar Ketua Umum KONI Sumbar, Dr. H. Syahrial Bakhtiar, M.Pd, didampingi Dekan FIK, Drs H. Arsil, M.Pd dan Sekum, Indra Jaya, SH, MH., Kamis (2/2).
Sementara Arsil mengung­kapkan pelatihan pelatih level 1 diharap bisa mencetak pelatih andal dan kompeten demi menun­jang prestasi atlet Sumatera Barat. Pelatih cabang olahraga harus dapat meningkatkan perfor­ma para atlet sehingga dapat dengan tepat dalam menerapkan program pembinaan, melalui kegiatan tersebut nantinya dapat memberikan manfaat positif dalam menambah pengetahuan bagi para pelatih. Dengan begitu, diharapkan nantinya dapat terimplikasi positif bagi perkem­bangan olahraga Sumatera Barat dimasa mendatang.
“Dibuka kesempatan seluas-luas kepada seluruh pelatih Peng­prov, Pengcab dan KONI kabupaten dan kota seluruh Sumbar agar mengikuti pelatihan dengan serius dan bisa mengem­bangkan ilmu kepelatihan ini dengan baik. Dari pelatih lah akan tercipta atlet andal di setiap kabupaten dan kota dan kkhusus menangani atlet poten­sial,” imbuh Indra Jaya .
Indra Jaya menambahkan, dalam penataran pelatih level 1 ASCA nanti terbatas quotanya, maka dihimbau dari 19 kabu­paten dan kota untuk mendaftar segera mungkin. “Saya berharap agar kedepan lahir pelatih-pelatih yang mempunyai visi dan misi yang lebih baik dari sekarang. Seorang atlet  tak akan bisa dicetak prestasinya setinggi mungkin tanpa peran dari seo­rang pelatih,” ujar Indra Jaya sembari merinci untuk masing-masing peserta yang ambil bagian dalam penataran ini dipungut iuran pendaftaran 5 juta rupiah. (h/rio)
http://www.harianhaluan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar