Featured Video

Senin, 02 April 2012

GeekFest 2012 Animatronic: Balada Kera Hingga Pengganti Tubuh Manusia



Animatronic (Ist)
Bandung - Animatronic merupakan suatu suatu konsep rekaan makhluk hidup yang di dalamnya dibenamkan kemampuan robot. Sehingga dengan tampilan yang mirip makhluk hidup, ia dapat digerakkan sesuai keinginan si pembuat.

Kegunaan teknologi ini sejatinya bermacam-macam, bisa dibuat untuk karakter mainan seperti yang ada di wahana Balada Kera Dufan, hingga membantu manusia untuk mengganti fungsi salah satu bagian tubuhnya.

"Jika Anda pernah melihat karakter di Balada Kera di Dufan, itu sejatinya sudah termasuk Animatronic. Cuma bahan pembungkus bagian luar yang digunakan bukan kulit, bisa plastik atau bahan keras lainnya," tukas Shendi Abdi, dari perusahaan Riset Indie yang tengah menggeluti Animatronic, saat berbincang dengan detikINET di sela GeekFest di Sabuga, Bandung.

Adapun untuk lebih terlihat lebih nyata, karakter Animatronic yang dibuat bisa digunakan bahan yang lebih kulit. Salah satunya adalah bahan silikon. Dengan ini, kulit pembungkus karakter Animatronic bisa tampak lebih hidup.

Bahkan menurut Beben salah satu anggota Riset Indie lainnya, di sejumlah negara Eropa seperti Inggris atau Jerman, Animatronic sudah dibuat untuk riset kesehatan.

"Mereka membuat Animatronic untuk dipasangkan ke tubuh manusia untuk menunjang bagian yang cacat. Jadi untuk industri kesehatan, dan kita bisa melihat potensinya dari pasar itu," lanjutnya.

Memang, karya manusia tidak bisa disandingkan dengan ciptaan Tuhan. Termasuk untuk mengganti bagian tubuh yang cacat dengan teknologi Animatronic. Pun demikian, hal ini setidaknya bisa digunakan untuk sekadar membantu agar lebih baik lagi.

Selain itu, hal ini juga membuktikan bahwa teknologi Animatronic bisa dikembangkan ke berbagai segmen. Tidak cuma dimanfaatkan untuk membuat karakter monster di taman bermain, namun juga bisa untuk menunjang industri kesehatan. Tinggal dalam pengembangannya disesuaikan untuk keperluan yang dimaksud.

Beben dan Shendi pun menegaskan bahwa Animatronic itu berbeda dengan CGI alias Computer Generated Imagery. CGI adalah penggunaan grafik komputer atau lebih tepatnya grafik komputer 3D dalam efek spesial.

CGI juga banyak digunakan dalam film, game komputer, iklan, konten interaktif pada website dan dalam pembuatan sebuah visual fotografi. Sebut saja film populer Hollywood Toy Story, Bolt dan lainnya.


GeekFest 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar