Featured Video

Jumat, 04 Mei 2012

'Pemimpin Jangan Hanya Bisa Memerintah dan Mengeluh'


Kepala Bidang Diklat Fungsional Provinsi Jawa Barat, Muchtar Ismail, mengemukakan, seorang pemimpin hendaknya tidak hanya bisa memerintah dan mengeluh, namun mampu menciptakan terobosan kebijakan.


"Yakni, membuat terobosan-terobosan kebijakan yang kharismatik dan pragmatik," katanya saat membuka Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di Cipayung Sirnagalih, Puncak, Kabupaten Bogor, Selasa (24/4).

Ia menegaskan, seorang pemimpin sejati, dalam kondisi serumit apapun, tidak akan mengeluh atau mengklarifikasi masalah-masalah parsial di hadapan publik. Sebab, menurutnya, hal itu kurang mendidik, baik bagi masyarakat maupun dirinya sendiri.

Dalam kesempatan itu, Muchtar Ismail mengapresiasi para peserta diklat yang telah terpilih sebagai peserta Diklatpim Tingkat IV. "Ini patut saya sampaikan, karena kesempatan yang saudara miliki untuk bisa mengikuti Diklat ini merupakan kesempatan yang sangat berharga," katanya.

Sebagai bentuk penghargaan dari institusi melalui pimpinannya masing-masing, lanjutnya, kesempatan itu harus disertai tanggung jawab, dan harus ada perubahan sikap maupun perilaku serta peningkatan kompetensi sesudah proses ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bogor, Bambang Gunawan saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, pelaksanaan Diklat ini memiliki peran dan posisi penting dalam pengembangan institusi maupun setiap individu ke depan.

Sehingga, menurutnya, harus dijadikan kesempatan yang baik bagi seluruh peserta demi perbaikan kapasitas dan kemampuan diri dalam rangka meningkatkan kinerja masing-masing.

Dikatakannya, tuntutan terkait perbaikan kinerja pegawai negeri sipil (PNS) terus menguat di tengah masyarakat.
"Sebagai aparat yang kelak akan mendapat amanah di lingkungan Pemerintah Kota Bogor, diharapkan kepada para peserta Diklat untuk bersama-sama mengubah persepsi masyarakat dengan menunjukkan kinerja terbaik selama menjadi PNS," harapnya.

Sedangkan Kabid Diklat BKKP Kota Bogor, Tri Lestari Soniaty, selaku penyelenggara menjelaskan, Diklat Pimpinan Tingkat IV di lingkungan Pemkot Bogor tersebut diikuti 40 orang peserta. Ia menambahkan, kegiatan itu akan berlangsung selama 40 hari mulai tanggal 23 April hingga 1 Juni 2012.

"Diklat bertujuan meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan sebagai bekal melaksanakan tugas jabatan struktural eselon IV secara profesional yang dilandasi kepribadian maupun etika PNS," kata Tri Lestari Soniaty.
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar