Featured Video

Kamis, 22 September 2011

SATU-SATUNYA DARI SUMBAR


Ikhlas Rahmadi Raih Medali Perak di OSN 2011
Bukittinggi- Singgalang Ikhlas Rahmadi, siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Bukittinggi, meski hanya berhasil meraih medali perak untuk mata pelajaran Biologi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2011 di Menado, Sulawesi Utara, ternyata menjadi satu-satunya wakil Sumbar yang berhasil meraih medali pada lomba bagi siswa berprestasi tingkat nasional tersebut.
Sebelum berangkat menuju iven tahunan itu, menurut Kepala SMAN 1 Bukittinggi, Drs.Taswar, SE, M.Pd, kedua siswa sudah dipersiapkan sedemikian rupa oleh para guru pembimbing terdiri dari Dra.Ernawati, Nurainun, S.Pd, Afdaleni, S.Si dan Harmaliza, S.Pd.
‘’Keberangkatan kedua SMAN 1 ke OSN, ditekadkan tidak sekadar menjadi duta Kota Bukittinggi, namun juga provinsi Sumbar ke ajang tingkat nasional dimaksud. Karena itu semuanya memberikan dukungan untuk keberhasilan mereka,’’ tegas Taswar yang melihat keterlibatan banyak pihak di semua jajaran SMA Negeri 1 Bukittinggi, menjadi bagian motivasi siswa menuju Menado.
Para guru pembimbing menambahkan, dalam persiapan yang dilaksanakan, kedua siswa berulang kali melaksanakan ujicoba menyelesaikan soal atau program-program yang berkemungkinan dijadikan materi lomba OSN, sehingga memiliki kesiapan penguasaan materi maupun mental yang lebih baik.
Berlaga bersama para duta siswa Sumbar lainnya, Ikhlas dan M.Arif mengaku merasa cukup tegang, karena harus berhadapan dengan siswa berprestasi dari provinsi lainnya di Indonesia, yang tentu saja sudah dipersiapkan oleh sekolah, bahkan jajaran Dinas Pendidikan mulai dari tingkat kota/kabupaten sampai ke provinsi.
‘’Kendati berat, kami menanamkan pada diri masing-masing, bahwa yang kami bawa ke Menado tidak sekadar mewakili nama baik dan harum SMAN 1, tapi juga Kota Bukittinggi, bahkan provinsi Sumbar.
Namun dari perjuangan keras kedua siswa SMAN 1 Bukittinggi, hanya Ikhlas Rahmadi yang memang sudah menjadi pelanggan OSN sejak mulai duduk di SMP Negeri 1 Bukittinggi, yang berhasil lolos sampai ke final dan sampai akhirnya sukses meraih medali perak.
Meski demikian, prestasi yang diraih Ikhlas tersebut, diakui Kepala SMAN 1 Bukittinggi, berhasil menyelamatkan nama Sumbar di tingkat nasional. Karena dari sekian banyak wakil dari provinsi ini, itulah satu-satunya medali yang berhasil diraih.
Kepala SMAN 1,Taswar menambahkan, keberhasilan yang diraih Ikhlas serta sejumlah siswa lainnya dari sekolah yang dipimpinnya, juga tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Walikota Bukittinggi sendiri yang sengaja mengalokasikan dana ratusan juta rupiah melalui APBD setiap tahun, untuk memberikan reward kepada sekolah dan siswa yang berhasil meraih prestasi. (414/202)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar