Featured Video

Kamis, 20 Oktober 2011

Stoner incar rekor baru di Sepang


Pembalap MotoGP dari Australia,Casey Stoner. (FOTO.ANTARA/REUTERS)
 Kami akan datang dengan baik dan akan menikmati akhir pekan

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Dengan gelar juara dunia MotoGP yang sudah dimilikinya, Casey Stoner akan menegaskan kembali supremasinya dan berupaya memecahkan sepasang rekor ketika turun di sirkuit Sepang akhir minggu ini.

Stoner, yang telah memastikan gelar juara dengan memenangi laga di negara sendiri pada Gran Prix Australia pekan lalu, akan mengejar rekor atas dirinya pada 2007 dengan sepuluh kemenangan dalam satu tahun dan 12 posisi start terdepan milik Mick Doohan.

"Setelah memastikan gelar juara pada balapan terakhir di Philip Island, kita berangkat ke Malaysia tanpa tekanan dan hanya melihat kedepan pada balapan itu," kata Stoner.

"Kami akan datang dengan baik dan akan menikmati akhir pekan."

Menempati podium disetiap putaran kecuali satu tahun ini, Stoner juga akan mengantarkan Honda untuk menjuarai kemenangan pertama pada era 800cc di Sepang, Malaysia.

Pebalap akan melaju dengan hati-hati di lintasan yang berbahaya, setelah mimpi buruk pekan lalu untuk olahraga motor yang menyaksikan juara Moto GP 2010, Jorge Lorenzo, jarinya terputus saat melakukan pemanasan di Australia.

Dilakukan pembedahan untuk menyambungkan jari Lorenzo, namun dia yang hampir dipastikan telah mengamankan posisi kedua untuk musim ini, terpaksa keluar dari balapan.

Dua kali juara 500 Indianapolis, Dan Wheldon, meninggal pada kecelakaan mobil di Las Vegas.

Kepala Pelaksana Sepang International Circuit, Ahmad Razlan Razali mengatakan bahwa lintasan itu membutuhkan perhatian lebih untuk keselamatan dari beberapa kecelakaan sebelumnya.

"Kami mengkhawatirkan keselamatan para pebalap saat melaju 300 kilometer per jam saat di lintasan lurus," katanya.

"Sangat disayangkan apa yang menimpa Wheldon. Itu sangat menyedihkan untuk olahraga motor, dan juga disayangkan Lorenzo tidak dapat tampil di Sepang."

Stoner memiliki sembilan kemenangan dan 15 kali podium dari 16 perlombaan, namun dia menghadapi sirkuit yang paling diminati pada musim ini --Sepang.

Lintasan diluar Ibukota Malaysia, Kuala Lumpur diketahui memiliki panas dan kelembapan yang ekstrim. Lintasan itu mungkin akan basah pada satu sisi, namun akan kering pada sisi yang lain.

Stoner, yang memenangi Moto GP pertamanya satu tahun setelah naik ke kelas premier pada 2007, juga mengatakan akan melakukan uji coba motor 1000cc Honda pada Senin setelah balapan yang dipergunakan untuk mengembangkan mesin Honda tahun depan.

Saat ini, Moto GP menggunakan motor 800cc dan akan menjadi 1000cc di tahun 2012.

Dengan 260 poin, posisi Lorenzo dapat dipastikan aman untuk mengisi posisi kedua, meskipun pebalap Honda di urutan ketiga, Andrea Dovizioso (212 poin) masih bisa mengalahkannya di akhir klasemen.

Rossi juga akan kembali pada balapan itu, dia memiliki banyak penggemar di Malaysia melalui dominasinya di Moto GP yang lalu dengan memenangi tujuh kejuaraan

Namun, untuk pertama kali sejak debutnya di Moto GP tahun 2000, dia tidak pernah memenangkan satu balapan pun pada musim ini.

Pebalap asal Italia itu memilki prestasi yang memprihatinkan setelah meninggalkan Yamaha dan bergabung di Ducati pada musim 2011, dan hanya naik podium satu kali. Rossi menempati urutan ketujuh di klasemen Moto GP.

(SDP-011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar