Featured Video

Jumat, 25 November 2011

EMPAT MENTERI HARI INI KE PESSEL


PADANG,  Jika tak ada aral melintang, hari ini Jumat (24/11), empat menteri  akan berada di Sumbar. Mereka terdiri dari Menko Kesra Agung Laksono, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri dan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. Selain itu,  juga akan datang Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif meninjau lokasi bencana banjir di Pesisir Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Yazid Fadhli kepada Haluan Kamis (24/11), di Padang menjelaskan, banjir Pesisir Selatan sudah dilaporkan ke pemerintah pusat. Masing-masing menteri terkait akan melihat langsung kondisi masyarakat korban banjir dan juga infrastruktur yang rusak akibat banjir.
BNPB sendiri sudah mengang­garkan dana untuk masa tanggap darurat bidang infrastruktur di Pesisir Selatan sebesar Rp50 miliar. Sedang­kan untuk rehabilitasi dan rekons­truksi perumahan masyarakat belum dianggarkan, tetapi sudah diajukan usulan untuk 86 unit rumah yang rusak berat.
“BNPB sudah merespon penda­naan untuk infrastruktur yang rusak akibat banjir sebesar Rp50 miliar. Sekarang kita tengah mengu­payakan bantuan rehab rekon untuk perbai­kan 86 unit rumah rusak berat,” katanya.
Menteri PU juga akan meninjau lokasi jalan provinsi yang ambruk dihondoh banjir sekaligus jalan darurat yang kini digunakan. Menu­rut Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman Sum­bar, Suprapto, pihak­nya akan meng­gelar ekspose tentang kondisi terkini di Pesisir Selatan.
Saat ini, arus lalu lintas di daerah itu sudah pulih. Namun kondisinya memang tak senyaman dulu karena jalan yang digunakan adalah jalan kabupaten yang masih sempit dan berada di kawasan rawa. Rencananya jalan ini akan dilebarkan dan dijadikan jalan provinsi.
Untuk penimbunan dan perke­rasan jalan darurat ini agar dapat dilalui usai banjir, Kementrian PU sudah mengucurkan dana sebesar Rp14 miliar. Dan diharapkan usai menyaksikan sendiri kondisi di lapangan, bantuan lainnya segera mengalir lebih banyak lagi.
Sebelum ke Pesisir Selatan, menurut agendanya rombongan menteri akan ke Payakumbuh me­nye­rah­­kan sertifikat bagi bayi ke 7 miliar. (h/vie)
haluan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar